PENGARUH DIMENSI ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM HANDYCRAFT (STUDI PADA HANDYCRAFT TAS DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

GUNAWAN, OH STEVEN (2021) PENGARUH DIMENSI ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM HANDYCRAFT (STUDI PADA HANDYCRAFT TAS DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-COVER_a.pdf

Download (722kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-BAB I_a.pdf

Download (423kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-BAB III_a.pdf

Download (625kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (653kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-BAB V_a.pdf

Download (313kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
17.D1.0021-OH STEVEN GUNAWAN-LAMP_a.pdf

Download (892kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam pembangungan perekonomian nasional. Karena dengan adanya UMKM, tingkat pengangguran yang ada di Indonesia jumlahnya dapat dikurangi serta bisa meningkatkan standard hidup masyarakat. UMKM sendiri menyerap 97% (Robertus, 2020) tenaga kerja, sehingga dapat dikatakan apabila UMKM terganggu maka jumlah pengangguran di Indonesia juga pasti akan meningkat. Salah satu pendekatan yang ada saat ini bisa diterapkan pelaku usaha kecil untuk memasarkan produknya adalah pemasaran kewirausahaan (entrepreneurial marketing). Entrepreneurial Marketing merupakan strategi pemasaran yang berguna untuk mengatasi permasalahan pemasaran yang ada di UMKM. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi entrepreneurial marketing yang terdiri dari proactiveness, innovativeness, calculated risk taking, opportunity focus, resource leveraging, customer intensity, value creation, dan pengaruhnya terhadap kinerja UMKM (Studi pada UMKM Handycraft tas di Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Dengan melakukan pengambilan sampel sebanyak 30 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik pengumpulan purposive sampling. Hasil dari penelitian deskripsi tanggapan terhadap 7 dimensi entrepreneurial marketing memiliki rata-rata tigngi. Hasil perhitungan pada t-tabel, dimensi yang berpengaruh positif dan signifikan yaitu dimensi opportunity focus ditandai dengan nilai Sig 0,011 ≤ 0,05. Sedangkan untuk uji F, nilai F hitung lebih besar daripada F tabel (2,829 > 2,44) yang berarti variabel X berpengaruh simultan terhadap variabel Y. Hasil uji R square menunjukan bahwa R = 0,729 dan R square sebesar 0,327 yang berarti dimensi entrepreneurial marketing berpengaruh simultan terhadap kinerja UMKM handycraft tas di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel yang berada di luar model penelitian ini, namun yang dapat mempengaruhi kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:05
Last Modified: 18 Nov 2021 03:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item View Item