KEWENANGAN HAKIM DALAM PENILAIAN ASPEK FORMIL DAN MATERIIL DALAM PEMERIKSAAN PRAPERADILAN TERHADAP SAH ATAU TIDAKNYA PENETAPAN TERSANGKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 5/PID.PRAP/2018/PN SMG.)

ANANTI Br. N., MARSHINTA GABRIELLA RIS (2021) KEWENANGAN HAKIM DALAM PENILAIAN ASPEK FORMIL DAN MATERIIL DALAM PEMERIKSAAN PRAPERADILAN TERHADAP SAH ATAU TIDAKNYA PENETAPAN TERSANGKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 5/PID.PRAP/2018/PN SMG.). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-BAB I_a.pdf

Download (383kB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-BAB III_a.pdf

Download (843kB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-BAB IV_a.pdf

Download (139kB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-DAPUS_a.pdf

Download (218kB)
[img] Text
17.C1.0109-MARSHINTA GABRIELLA RIS ANANTI Br. N-LAMP_a.pdf

Download (694kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Kewenangan Hakim dalam Penilaian Aspek Formil dan Materiil dalam Pemeriksaan Praperadilan terhadap Sah atau Tidaknya Penetapan Tersangka (Studi Putusan Nomor 5/Pid.Prap/2018/PN Smg.) bertujuan untuk mengetahui kewenangan Hakim menilai sah atau tidaknya penetapan tersangka dari aspek materiil dalam kasus praperadilan dan mengetahui penilaian dari aspek formil dan aspek materiil dalam pemeriksaan terhadap sah atau tidaknya penetapan tersangka yang dilakukan oleh Hakim praperadilan dalam Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 5/Pid.Prap/2018/PN Smg dalam perspektif Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Larangan Peninjauan Kembali Putusan Praperadilan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif berupa judicial case study. Spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis. Objek penelitian adalah seluruh informasi terkait kewenangan Hakim praperadilan dalam menilai kasus praperadilan (berdasaran studi putusan Nomor 5/Pid.Pra/2018/PN Smg) dari aspek formil dan aspek materiil yang sejauh pengetahuan Penulis tidak diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Larangan Peninjauan Kembali Putusan Praperadilan. Data primer dan sekunder diperoleh dari studi lapangan dan studi kepustakaan. Berdasarkan analisa kualitatif diketahui bahwa pemeriksaan praperadilan terhadap sah atau tidaknya penetapan tersangka dari aspek materiil merupakan penilaian terhadap ada tidaknya relevansi yuridis antara tindak pidana yang terjadi dengan seseorang yang ditetap penyidik sebagai tersangka dalam tindak pidana yang terjadi melalui alat-alat bukti yang diperoleh penyidik dan tidak memasuki pemeriksaan pokok perkara, sehingga termasuk dalam kewenangan Hakim dan tidak melanggar ketentuan pemeriksaan praperadilan terhadap sah atau tidaknya penetapan tersangka dalam Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Larangan Peninjauan Kembali Putusan Praperadilan. Pengujian keabsahan penetapan tersangka, selain didasarkan pada pengujian kuantitas alat bukti sebagaimana menjadi syarat formil yang ditetapkan dalam Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Larangan Peninjauan Kembali Putusan Praperadilan, harus juga didasarkan pada penilaian kualitas alat bukti yang diajukan oleh penyidik, atau dalam kalimat lain diperlukan pemeriksaan substansial terhadap syarat formil permohonan praperadilan terkait penetapan tersangka. Demikian pemeriksaan praperadilan terhadap keabsahan penetapan tersangka tidak terjebak hanya pada hal-hal yang bersifat formal dan sebatas masalah administrasi sehingga jauh dari hakikat keberadaan pranata praperadilan sebagai bentuk pengawasan dan mekanisme keberatan terhadap proses penegakan hukum yang berkaitan erat dengan jaminan perlindungan hak asasi manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:53
Last Modified: 15 Nov 2021 04:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item