'PERTAHANAN SUMBER AIR' SEBAGAI STRATEGI PENANGGULANGAN BENCANA SECARA ALAMI OLEH MASYARAKAT DI LERENG GUNUNG SINDORO ( Kasus Desa Kapencar, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo).

REJEKI, VG. SRI (2008) 'PERTAHANAN SUMBER AIR' SEBAGAI STRATEGI PENANGGULANGAN BENCANA SECARA ALAMI OLEH MASYARAKAT DI LERENG GUNUNG SINDORO ( Kasus Desa Kapencar, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo). In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI IV CALL FOR PAPER. FAKULTAS SAINS TEKNOLOGI & PSIKOLOGI UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA, YOGYAKARTA, pp. 102-108. ISBN 978-979-1334-20-4

[img] Text
21a, semnas teknologi untuk masy UTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permukirnan di lereng gunung pada akhir-akhir ini seringkali mengalami kekeringan pada masa kemarau dan sumber banjir pada musim penghujan, terutama setelah mengalami penggundulan hutan. Masyarakat Desa Kapencar, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo merupakan satu permukiman di lereng gunung Sindoro yang memiliki strategi tersendiri dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Dalam seminar ini disampaikan hasil penelitian kualitatif tentang strategi yang dilakukan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan airnya. Secara geografis, desa Kapencar berada di kaki Gunung Sindoro dengan ketinggian sekitar 1.300 meter. Masyarakat desa tidak menggunakan air sungai secara langsung untuk memenuhi kebutuhan air bersih. tetapi banyak memanfaatkan mata air sebagai kali. Bila diamati secara geologis, kandungan tanah di desa Kapencar, terutama di bagian atas permukiman merupakan tanah berbatu dan berpasir, sehingga di desa Kapencar terdapat beberapa sumber air yang sangat oesar, yang dapat memenuhi kebutuhan untuk memenuhi kehutuhan air sekitar 6.000an penduduknya.

Item Type: Book Section
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:30
Last Modified: 03 Nov 2021 05:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27189

Actions (login required)

View Item View Item