Sistem Kali sebagai kearifan lokal manajemen air bersih desa lereng gunung (Kasus Desa Kapencar, Desa Candiyasan dan Desa Reco, Lereng Gunung Sindoro, Wonosobo)

REJEKI, VG. SRI (2014) Sistem Kali sebagai kearifan lokal manajemen air bersih desa lereng gunung (Kasus Desa Kapencar, Desa Candiyasan dan Desa Reco, Lereng Gunung Sindoro, Wonosobo). In: PROCEEDINGS SEMINAR NASIONAL RISET DAN TEKNOLOGI TERAPAN (RITEKTRA). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Darma, YOGYAKARTA, pp. 318-320. ISBN 978-602-71306-0-9

[img] Text
20a. Proseding-Ritektra.pdf

Download (14MB)

Abstract

Permukiman lereng gunung memiliki karakter lingkungan yang spesifik, berbeda dengan karakter permukian di dataran sawah, pusat pemerintahan (kraton, kota) maupun di tepian air. Salah satu keunikan yang ada antara lain berupa sistem kali (pengelolaan air bersih) yang mempengaruhi tata permukiman, termasuk tatanan spatial desa. Adanya pengaruh kawasan lerengan terhadap kearifan lokal tentang sistem kali terungkap secara fisik, didukung oleh sosial budaya yang cukup kuat berupa tradisi-tradisi. Adanya pengetahuan ini diharapkan dalam penataan dan pengembangan kawasan lereng gunung menjadi pertimbangkan kearifan lokal di tiap daerah, dengan tidak peninggalkan tradisi-tradisi yang ada.

Item Type: Book Section
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:30
Last Modified: 03 Nov 2021 05:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item