Penerapan Konsep Rumah Tinggal Hijau Greenship Homes pada Tipe Rumah Tinggal Terencana di Semarang Kasus Rumah Tinggal Lahan Luas dan Rumah Tinggal Lahan Sempit

REJEKI, VG. SRI (2018) Penerapan Konsep Rumah Tinggal Hijau Greenship Homes pada Tipe Rumah Tinggal Terencana di Semarang Kasus Rumah Tinggal Lahan Luas dan Rumah Tinggal Lahan Sempit. In: TEMU ILMIAH PENELITI LINGKUNGAN BINAAN INDONESIA. IKATAN PENELITI LINGKUNGAN BINAAN INDONESIA, SEMARANG, F114-F121.

[img] Text
15a. Proseding-TI-IPLBI-Penerapan-KonsepGreenship-HomesVG Sri Rejeki-Ratih-Nestri-cov dafis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pembangunan dalam bidang Arsitektur pada saat sekarang dalam konsep pembangunan yang berdampak pada keberlanjutan hidup lingkungan dan alam sekitar. Beberapa alat ukur pembangunan yang berdampak lingkungan positif antara lain melalui prinsip bangunan Hijau (greenship). Pada saat sekarang lima macam penilaian greenship (GBO, 2016), salah satunya adalah penilalan Greensh1p Homes. Penllalan Greenship Homes lnl dapat dlmanfaatkan untuk menghitung nilai Greenship untuk Rumah TinggaJ. Maten yang dlsampaikan kali ini merupakan kasus hasil penilalan awal, terhadap empat sampel rumah yang ada pada lingkungan rumah tinggal terencana, kasus di semarang. Hasll penelitlan awal lnl akan diperluas menjadl penelitian lebih besar, dengan sampel kasus lebih banyak. Metode yang dilakukan adalah kajian secara terukur terhadap empatbangunan rumah tinggal , yang dapat mewakili bangunan di 5emarang bawah dan Semarang atas, dengan kondisi awal memilikl lahan luas dan lahan terbatas. Alat ukur yang dlmanfaatkan adalah Rating Tools untuk Greenship Homes. Hasil penelitian dart penllaian adalah untuk melihat kemungkinan capaian peringkat bronze atau silver pada rumah tinggal di Semarang. capaian tersebut terurama bila didukung potensl llngkungan yang nyaman untuk d1manfaatkan, atau kelemahan lingkungan diatasi dengan teknis yang tidak merusak alam.

Item Type: Book Section
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:36
Last Modified: 03 Nov 2021 07:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27170

Actions (login required)

View Item View Item