NILAI VERNAKULAR DALAM PENATAAN LINGKUNGAN PADA PERMUKIMAN LERENG GUNUNG (Studi di Desa Kapencar, Lereng Gunung Sindoro, Wonosobo)

REJEKI, VG. SRI (2007) NILAI VERNAKULAR DALAM PENATAAN LINGKUNGAN PADA PERMUKIMAN LERENG GUNUNG (Studi di Desa Kapencar, Lereng Gunung Sindoro, Wonosobo). DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR, 35 (2). pp. 190-198.

[img] Text
2a. Jurnal Dimensi Ars_VG Sri Rejeki_ Nilai Vernakular....pdf

Download (2MB)

Abstract

Permukiman di dataran tingi merupakan salah satu tipe permukiman di Jawa. Selama ini teori dan konsep permukiman lerengan yang berkembang sebatas membahas tentang bentuk kontur/ kelerengan. Tetapi belum mendiskusikan tentang strategi menyelesailan masalah iklim secara vernakular. Di Desa Kapencar ditemukan beberapa fenomena strategi penyelesaian masalah secara natural oleh masyarakat. Beberapa temuan yang dapat dijadikan pembahasan antara lain 1) adanya tipologi rumah dengan prioritas ruang jogan multi fungsi dan pogo, sebagai strategi mendukung kegiatan berladang tembakau dan jagung. 2) penyelesaian kontur diselesaikan dengan cut – fill,. 3) penggunaan batu alam sebagai bahan lokal, diambil dalam pekarangan sendiri, 4) sesedikit mungkin lubang di rumah dan pemilihan bahan seng , sebagai strategi mengarasi suhu dingin dan kelembaban tinggi di lokasi tersebut.

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:42
Last Modified: 04 Nov 2021 05:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item