ANALISIS TANDA DAN MAKNA DALAM PESAN IKLAN SAMPOERNA A MILD VERSI “BE EVERYTHING” MELALUI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

DESVIYANTI, SRI REJEKI (2021) ANALISIS TANDA DAN MAKNA DALAM PESAN IKLAN SAMPOERNA A MILD VERSI “BE EVERYTHING” MELALUI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-COVER_a.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-BAB I_a.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-BAB III_a.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-BAB IV_a.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-BAB V_a.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-DAPUS_a.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.M1.0040-SRI REJEKI DESVIYANTI-LAMP_a.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Iklan menjadi salah satu media komunikasi massa yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk sehingga konsumen dapat menyadari, timbul minat, keinginan, serta memutuskan dan akhirnya menggunakan produk tersebut. Iklan video menjadi cara strategis dalam menyampaikan informasi produk secara cepat dan jelas. Misalnya iklan komersial produk rokok yang sampai saat ini masih diperbolehkan mengiklankan produknya di televisi dengan beberapa ketentuan sesuai dengan Etika Pariwara Indonesia. Satu dari beberapa pemilik brand rokok memilih untuk menyampaikan pesan yang dikemas secara interaktif dan atraktif dalam copy yang padat, yaitu Sampoerna A Mild yang iklan videonya pernah mengalami prokontra. Berdasarkan prokontra yang pernah dialami, Sampoerna A Mild muncul dengan karya baru yang memiliki tampilan kreatif dengan menggunakan teknik slashies pada iklan Sampoerna A Mild versi “Be Everything”. Pada video iklan tersebut terdapat beberapa elemen yang memberikan makna masing-masing, sehingga memberikan pesan yang berbeda bergantung dari sudut pandang konsumen. Penelitian ini menganalisis tanda dan makna dalam pesan iklan video “Be Everything” menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan metode penelitian kualitatif deskriptif interpretatif. Tanda yang terdapat pada iklan video tersebut yaitu visual, text, tone warna, teknik pengambilan gambar, dan musik yang dibedah dari lirik dan akor nya serta 11 scene iklan menjadi objek utama analisis. Data pada penelitian ini didapatkan melalui proses wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu tanda yang terdapat pada iklan “Be Everything” dilihat dari elemen visual, text, tone warna dan teknik pengambilan gambar yang dipilih mencerminkan dan menggambarkan makna “Be Everything”, yang berarti seseorang dapat menjadikan segalanya dengan melampaui batas. Kolaborasi beberapa elemen iklan video tersebut memudahkan penyampaian produk dalam mengomunikasikan pesan pada konsumen agar dapat diterima dengan mudah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:10
Last Modified: 18 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27148

Actions (login required)

View Item View Item