PEMANFAATAN KOMUNITAS MEREK “origopeople” SEBAGAI INSTRUMEN KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK

Amin, Mukhamad Makruf (2021) PEMANFAATAN KOMUNITAS MEREK “origopeople” SEBAGAI INSTRUMEN KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-BAB I_a.pdf

Download (511kB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-BAB III_a.pdf

Download (422kB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-BAB V_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-DAPUS_a.pdf

Download (326kB)
[img] Text
15.M1.0066-Mukhamad Makruf Amin-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selama sepuluh dekade terakhir, industri makanan dan minuman di Indonesia menghadapi kompetesi pesat karena selera konsumen yang terus berubah dan berkembang setiap harinya. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan yang bergerak pada industri terkait perlu melakukan inovasi tertentu agar merek dan produk mereka dikenal lebih banyak orang. Salah satu industri makanan dan minuman di Kota Semarang yang secara kreatif melakukan inovasi untuk meningkatkan penjualannya adalah “origo coffee”. Dengan membentuk komunitas merek “origopeople”, “origo coffee” berusaha untuk memperkenalkan merek dan meningkatkan penjualan produk mereka dengan memanfaatkan peran dan pengaruh konsumen loyal yang tergabung dalam komunitas merek “origopeople”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran “origopeople” sebagai instrumen komunikasi pemasaran “origo coffee”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan anggota komunitas “origopeople” secara tidak sadar berusaha untuk memasarkan produk dan merek “origo coffee” kepada masyarakat luas. Dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan anggota “origopeople” seperti nongkrong, live music, ulang tahun merek, dan program CSR #ORIGODOGIVEGOOD”, pihak “origo coffee” berusaha untuk memberikan pengalaman positif kepada konsumen khususnya kepada anggota “origopeople”. Melalui kegiatan tersebut, anggota “origopeople” mendapatkan pengalaman positif terkait merek “origo coffee”. Sehingga, nantinya setiap anggota “origopeople” akan berusaha untuk menceritakan hal-hal yang baik terkait “origo coffee” kepada orang lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung seperti dengan membuat konten positif dan menyebarkannya melalui sosial media

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands community
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:03
Last Modified: 18 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27147

Actions (login required)

View Item View Item