INTERAKSI AKUN PSEUDONIM (CYBERACCOUNT) DI MEDIA SOSIAL TWITTER DAN KONSEP DIRI PENGGUNANYA

Andiane, Aprilia (2021) INTERAKSI AKUN PSEUDONIM (CYBERACCOUNT) DI MEDIA SOSIAL TWITTER DAN KONSEP DIRI PENGGUNANYA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-BAB I_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-BAB III_a.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-BAB IV_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-BAB V_a.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-DAPUS_a.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.M1.0070-Aprilia Andiane-LAMP_a.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Media Sosial khususnya Twitter adalah sebuah platform yang memiliki banyak pengguna, dari banyaknya user, terdapat sebuah akun yang sama sekali tidak memberitahu siapa orang dibalik akun tersebut. Cyberaccount atau biasa disebut dengan akun Pseudonim adalah sebuah akun yang pemiliknya tidak diperlihatkan melalui layout profil yang ada. Foto profil, header, deskripsi diri, serta nama pengguna tidak diberitahukan dengan jelas identitas pemilik akun tersebut. Walaupun terbatas dengan tidak adanya identitas jelas, namun komunikasi dan interaksi antar sesama masih dapat berjalan. Dengan tidak adanya identitas yang jelas, sebuah interaksi antar pengguna bisa saling mempengaruhi satu sama lain terutama pada hal konsep diri. Rumusan permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana interaksi pada akun pseudonim (cyberaccount) di media sosial Twitter dan konsep diri bagi penggunanya? Bagaimana sebuah akun yang identitasnya tidak diketahun namun bisa memperlihatkan konsep diri bagi para penggunannya melalui interaksi? Penelitian ini membahas mengenai pembentukan sebuah konsep diri pengguna akun pseudonim dengan melakukan interaksi di lini masa atau pesan langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif netnografi yang biasanya digunakan untuk meneliti melalui media atau penelitian yang tidak bertemu langsung dengan objek penelitian. Ini digunakan karena penulis menggunakan Twitter sebagai medianya, pengguna cyberaccount juga sebagai sasaran penelitian kali ini. Metode ini diharapkan dapat membantu untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana interaksi pada akun pseudonim atau cyberaccount di media sosial Twitter membentuk koinsep diri bagi penggunananya. Dari penelitian yang dilakukan, dihasilkan bahwa interaksi yang terjadi pada akun Pseudonim atau cyberaccount dapat membentuk konsep diri penggunanya, walaupun memiliki kendala waktu online yang bersamaan, namun interaksi yang terjadi bisa tetap berjalan. Walaupun pengguna saling tidak mengetahui siapa lawan bicaranya, komunikasi atau obrolan dapat berjalan dengan lanca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Concept
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:26
Last Modified: 15 Oct 2021 07:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item