ANALISIS PENERAPAN INSENTIF PAJAK ATAS PAJAK PENGHASILAN FINAL PEREDARAN BRUTO TERTENTU DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus CV Jasindo)

Kusuma, Brilian Surya (2021) ANALISIS PENERAPAN INSENTIF PAJAK ATAS PAJAK PENGHASILAN FINAL PEREDARAN BRUTO TERTENTU DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus CV Jasindo). Project Report. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Perpajakan, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
18.H1.0046-Brilian Surya Kusuma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang sangat besar bagi seluruh sektor, salah satunya sektor perekonomian. Serta Covid-19 telah disebut sebagai bencana nasional, banyak wajib pajak yang terdampak dengan adanya pandemi ini. Oleh karena itu pemerintah pada Bulan April 2020 mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Insentif Pajak untuk Wajib Pajak yang terdampak adanya Covid-19. CV. Jasindo merupakan badan usaha Wajib Pajak yang terkena dampak tersebut. CV.Jasindo merupakan Wajib Pajak yang menggunakan PPh Final denagn peredaran bruto tertentu. CV. Jasindo memanfaatkan PMK Nomor 44, PMK 86 dan PMK 110 Tahun 2020, sehingga perusahaan harus mengajukan pemanfaatan penggunaan insentif serta melaporkan realisasi insentif PPh Final Ditanggung Pemerintah setiap sebulan sekali. Dengan memanfaatkan insentif tersebut CV.Jasindo yang seharusnya membayarkan PPh Final atas peredaran brutonya kini telah ditanggung oleh pemerintah. PMK Nomor 44 tersebut mulai berlaku pada Bulan April 2020. Dalam pemanfaatan realisasi insentif PPh Final peredaran bruto tertentu CV. Jasindo tidak perlu menyetorkan PPh Finalnya selama masa pajak April – Desember 2020, karena PPh Final tersebut ditanggung oleh pemerintah dan bersifat Nihil. Pada PMK No 44, PMK No 86 & PMK No 110 yang telah dimanfaatkan, CV.Jasindo dapat menghemat pengeluaran selama pandemi Covid-19 pada masa pajak April - Desember 2020.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Taxation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:54
Last Modified: 07 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item