TERBITNYA “SURAT PERMINTAAN PENJELASAN ATAS DATA DAN/ATAU KETERANGAN” PADA PT. KARANG GEMA GLOBAL TAHUN 2020 ATAS POTENSI PEMOTONGAN PPH 23 TAHUN 2018

Alicetiany, Oeij, Angela Larissa (2021) TERBITNYA “SURAT PERMINTAAN PENJELASAN ATAS DATA DAN/ATAU KETERANGAN” PADA PT. KARANG GEMA GLOBAL TAHUN 2020 ATAS POTENSI PEMOTONGAN PPH 23 TAHUN 2018. Project Report. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Perpajakan, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
18.H1.0008-Oeij, Angela Larissa Alicetiany.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Negara mengharapkan masyarakat berperan sebagai Wajib Pajak mandiri dengan menerapkan self assessment system, hal ini berdampak secara langsung dengan Account Representative (AR) yang hanya sebatas melakukan pengawasan kepada Wajib Pajak. Jika AR memiliki data yang berdeda dengan milik Wajib Pajak maka AR berhak untuk mengeluarkan surat himbauan dalam bentuk Surat Permintaan Penjelasan Atas data dan/atau Keterangan (SP2DK). Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemotongan PPh 23 oleh Wajib Pajak Badan sebelum dan sesudah menerima SP2DK serta bagaimana perhitungan pembayaran sanksi administrasinya atas jawaban dari SP2DK tersebut. Peneliti menggunakan data primer dan sekunder serta menggunakan metode analisis kuantitatif dalam pembahasannya. PT. Karang Gema Global merupakan UMKM produksi industri pakaian, selain membutuhkan bahan baku untuk proses produksi pakaian membutuhkan jasa iklan untuk keperluan pemasaran produk. Pada tahun 2020 mendapatkan SP2DK yang berisi potensi pajak PPh 23 sebesar Rp. 1.400.000,. Penelitian ini kemudian memperoleh hasil yang dimana pada tahun 2018 belum melaksanakan pemotongan dan pelaporan atas penggunaan jasa iklan yang menyebabkan perbedaan data. Dengan demikian akan menjawab SP2DK tersebut dengan membayar sejumlah yang sesuai pada SP2DK yang ditagih dari KPP beserta sanksi administrasinya dengan total sanksi Rp.4.900.000,- ,dengan harapan PT. Karang Gema Global melakukan pemerataan job desk untuk menghindari kesalahan yang sama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Taxation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:18
Last Modified: 07 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item