Bertahan di Masa Pandemi - UMKM Bahan Alam Kabupaten Pekalongan

LEONG, HIRONIMUS and Retnawati, Berta Bekti and IRMAWATI, BERNADETA (2021) Bertahan di Masa Pandemi - UMKM Bahan Alam Kabupaten Pekalongan. Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
24 Juni 2021 Bertahan di Masa Pandemi - UMKM Bahan Alam Kabupaten Pekalongan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sepanjang tahun 2020, telah mempengaruhi berbagai sektor keuangan dan bisnis. Rekomendasi protokol kesehatan seperti menjaga jarak (social distancing), menghindari kerumunan, bahkan anjuran supaya tetap di rumah mengubah semua pola dan tatanan hidup masyarakat, tidak terkecuali dalam bidang ekonomi. Sektor UMKM terkena dampak yang parah karena di masa pandemi, hampir semua UMKM memilih untuk menghentikan produksi atau setidaknya mengalihkan usaha ke bidang lain. Hal utama yang mempengaruhi dampak bagi UMKM sedemikian parah adalah hilangnya pasar. UMKM berhadapan dengan hilangnya pasar yang menyuplai bahan baku sekaligus hilangnya pasar untuk penjualan produk. Buku ini berisi hasil penelitian tentang ikonik bahan baku alam di Wilayah Pekalongan. Penelitian dilakukan di tahun 2020 selama masa pandemi berlangsung. Bahasan utama terkait dengan situasi nyata bagaimana UMKM menghadapi situasi ini. Ada beberapa UMKM memilih untuk bertransformasi menggunakan media sosial untuk memasarkan produk agar jangkauan pasar lebih luas, namun tidak sedikit juga UMKM yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan ini. UMKM yang memanfaatkan bahan baku alam untuk diolah menjadi produksi, selalu mengandalkan keahlian, bakat dan juga kreativitas. Namun tantangan terbesar adalah bagaimana UMKM mengupayakan adaptasi terhadap pola perubahan perilaku masyarakat, salah satunya adalah transformasi digital. Dengan perilaku adaptif baru ini, diharapkan UMKM bahan baku alam dapat bertahan, bangkit kembali dan bersama-sama memajukan ekonomi Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Computer Science
Depositing User: Mr Marlon Leong
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:00
Last Modified: 28 Sep 2021 07:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item