PERLINDUNGAN HUKUM BAGI INVESTOR SAHAM TERHADAP TERJADINYA KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN PELANGGARAN HUKUM OLEH EMITEN DALAM KEGIATAN PASAR MODAL (STUDI KASUS PT NUSA KONSTRUKSI ENJINIRING TBK)

Priatko, Ardelia Levina (2021) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI INVESTOR SAHAM TERHADAP TERJADINYA KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN PELANGGARAN HUKUM OLEH EMITEN DALAM KEGIATAN PASAR MODAL (STUDI KASUS PT NUSA KONSTRUKSI ENJINIRING TBK). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-COVER_a.pdf

Download (548kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-BAB I_a.pdf

Download (685kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-BAB III_a.pdf

Download (615kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-BAB IV_a.pdf

Download (332kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-DAPUS_a.pdf

Download (563kB)
[img] Text
16.C1.0007-Ardelia Levina Priatko-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan Investor dalam Pasar Modal diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UUOJK). Namun, tanggung jawab moral oleh Emiten juga di perlukan agar tidak mengalami distorsi sehingga tidak menimbulkan kerugian pada Investor pemegang sahamnya mengingat berinvestasi di Pasar Modal memiliki risiko yang tinggi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena yang terjadi di Indonesia para investor dalam Pasar Modal mengalami kerugian karena adanya tindakan melawan hukum oleh Direksi Perseroan Terbatas sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap harga saham Perusahaannya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perlindungan hukum bagi Investor saham terhadap terjadinya kerugian yang diakibatkan pelanggaran hukum oleh Emiten dalam kegiatan Pasar Modal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara menganalisis isi (elemen) penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tersebut menggunakan studi lapangan (data primer) dan studi kepustakaan (data sekunder). Teknik penyajian data menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan melawan hukunm yang dilakukan oleh Direksi PT.NKE mengakibatkan kerugian para investor pemegang sahamnya. Namun, fruktuasi harga saham dipandang sebagai bagian dari risiko investasi sehingga terdapat usaha preventif dan represif sebagai upaya perlindungan Invetor seperti Perusahaan go public wajib memenuhi standart GCG, prinsip keterbukaan (Pasal 1 angka (25) UUPM), prinsip keterbukaan informasi mengandung fakta material (Pasal 1 Angka (7) UUPM), prospektus (Pasal 1 angka (26) UUPM), Pasal 28 hingga Pasal 30 UUOJK) dan Peraturan OJK lainnya tentang Perlindungan Investor serta suspend dari Bursa Efek Indoneisa. Dilihat dari kasus PT NKE, pelaksanaan perlindungan Investor telah dilaksanakan namun dilihat dari perkembangan jaman kejahatan dan pelanggaran semakin bervariasi sehingga diperlukan pembaharuan Undang-Undang untuk menjamin hak-hak Investor dalam berinvestasi. Maka, disarankan sebelum Investor membeli saham suatu Perusahaan dipastikan mengetahui data finansial yang telah dianalisis jangka pendek dan panjang secara teknikal dan fundamental. Selain itu, Investor dapat melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai patokan harga saham berdasarkan akumulasi pergerakan rata-rata seluruh saham yang tercatat di Bursa dan rekomendasi saham dari Pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:15
Last Modified: 23 Sep 2021 04:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26597

Actions (login required)

View Item View Item