Peningkatan Kemampuan Usaha Batik Gesek Godhong Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Kampung tematik Gesek Godhong RW6 Kelurahan Tegalsari Semarang

AGUSTINI, MARIA YOSEPHINE DWI HAYU and Nugroho, Agus Cahyo and Setyowati, Lenny Peningkatan Kemampuan Usaha Batik Gesek Godhong Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Kampung tematik Gesek Godhong RW6 Kelurahan Tegalsari Semarang. LPPM Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Gesek godhong-Laporan PM1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gesek godhong-Lbr pengesahan.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kelompok PKK RW6 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari telah mengajukan kepada Pemerintah Kota Semarang untuk membentuk kampung tematik “Gesek Godhong” yang diharapkan dapat melibatkan ibu-ibu PKK RT di wilayah RW6 sebagai alternatif sumber penghasilan keluarga. ciri khas setempat yang lebih kuat/tidak dimiliki kampung lain dan bisa menjadi ikon wilayah karena batik gesek godhong yang merupakan penemuan seorang warga RW6 diharapkan bisa menjadi icon kota Semarang dan menjadi oleh-oleh khas Semarang. Ada 3 permasalahan yang dihadapi mitra dalam mengembangkan kampung tematik tersebut, yaitu minat ibu-ibu untuk terlibat dalam kegiatan, pemasaran, dan produksi. Pada kegiatan pengabdian periode semester genap 2020/2021 ini, prioritas diberikan kepada permasalahan peningkatan kemampuan pemasaran. Sedangkan solusi atas permasalahan lain dilaksanakan pada periode berikutnya. Pendampingan diarahkan untuk membantu mitra mampu memanfaatkan mekanisme pemasaran digital dalam bentuk workshop e-commerce series untuk ibu-ibu pengusaha batik gesek godhong. Workshop mencakup 3 series kegiatan: series-1 memberikan literasi tentang pemasaran batik gesek godhong melalui e-marketplace; series-2 memberikan literasi untuk memperkenalkan dan menawarkan produk melalui media sosial; series-3 memberikan pelatihan membangun toko online atau web store. Dengan mengintegrasikan ketiga platform pemasaran di 3 seri pelatihan tersebut diharapkan kemampuan para pengusaha batik gesek godhong mampu melakukan pemasaran online secara mandiri melalui media online yang sesuai kebutuhan. Keberhasilan program pendampingan ini adalah usaha dan abtik gesek godhong lebih dikenal dan penjualan usaha meningkat, terutama di masa pandemic Covid-19.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: Ms Dwi Hayu Agustini
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:28
Last Modified: 12 Aug 2021 01:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26459

Actions (login required)

View Item View Item