Mengembangkan Self Regulation Mahasiswa agar dapat Mengikuti Pembelajaran Online Lebih Produktif

Hernawati, Lucia and Eriany, Praharesti Mengembangkan Self Regulation Mahasiswa agar dapat Mengikuti Pembelajaran Online Lebih Produktif. Project Report. Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
combinepdf pengabdian.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran online sudah dimulai sejak bulan Maret 2020 namun belum semua mahasiswa bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Beragam keluhan muncul mulai dari rasa bosan, malas, mengantuk, bingung ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi dan tugas mata kuliah. Relasi antara dosen-mahasiswapun relatif terbatas, kesehariannya mahasiswa hanya berhadapan dengan laptop dan tidak ada candaan, sentuhan dan relasi yang intens dengan sesama teman. Disamping itu, belajar dari rumah seringkali menuntut anak untuk terlibat dalam mengerjakan urusan domestik. Permasalahan ini tidak hanya dialami oleh mahasiswa semester dua yang sejak awal masuk kuliah sudah dihadapkan pada setting pembelajaran online namun pada mahasiswa semester 4 juga masih muncul keluhan dan kesulitan dalam mengelola tugas-tugasnya dan menjaga motivasinya. Berangkat dari pengalaman tersebut maka mahasiswa perlu dibantu untuk meningkatkan kemampuan mengelola dirinya (self regulation) agar dapat mengikuti pembelajaran online dengan lebih produktif. Sebelum pelaksanaan pelatihan, peserta diminta untuk mengisi skala yang berisi aitem tentang SRL. Data yang didapat akan digunakan sebagai data pretest. Pelatihan akan diselenggarakan dalam 4 minggu dengan durasi waktu 120 menit setiap sesi yang akan disampaikan secara daring dengan menggunakan platform google meet. Setiap sesi pelatihan akan diikuti dengan pemberian tugas rumah yang harus disusun dan dipraktekkan. Evaluasi dilakukan pada akhir sesi pelatihan dan setelah sesi pelatihan secara keseluruhan selesai. Di akhir sesi akan diberikan skala SRL yang sama sebagai data post test. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23, 30 April, 7 dan 21 Mei 2021 jam 16.00-18.00. Materi pelatihan mencakup : 1. Penyampaian materi tentang SRL, tahapan- tahapannya, menetapkan goal setting dan latihan untuk menyusun aktivitas harian selama 1 hari. 2. Pemberian materi tentang Kesiapan diri sebelum-saat dan setelah mengikuti pembelajaran online dan time management. Melakukan evaluasi kegiatan 1 hari yang telah disusun, menganalisa mengapa satu kegiatan dapat terlaksana namun kegiatan lain tidak. Lebih lanjut peserta diberi tugas untuk menyusun aktivitas untuk 3 hari ke depan dengan menimbang urgensi dan waktu yang tersedia. 3. Evaluasi pelaksanaan dari perencanaan yang telah dilakukan selama 3 hari. Aktivitas akan diselenggarakan dalam kelompok kecil. Peserta diminta menyusun aktivitas untuk 5 hari ke depan 4. Evaluasi pelaksanaan aktivitas yang diselenggarakan selama 5 hari dan memotivasi peserta untuk melanjutkannya secara mandiri. Rekrutmen peserta dilakukan melalui penawaran secara terbuka untuk mahasiswa semester 2 dan 4. Total peserta yang terlibat dalam pelatihan ini berjumlah 24 mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang terdiri dari 10 mahasiswa semester 2 dan 14 mahasiswa semester 4. Lembar informed consent diberikan untuk memastikan bahwa mereka paham prosedur pelatihan yang akan dilakukan dan kesediaan untuk mengikuti kegiatan secara utuh. Mereka akan mendapatkan e sertifikat setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Data pre dan post test dianalisis dengan menggunakan dengan menggunakan statistik parametrik analisis Uji Paired T-Test. Hasilnya menunjukkan nilai t = 1.707 (p>0.05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan antara sebelum dan setelah mengikuti pelatihan. Sekalipun demikian, secara lisan peserta menyampaikan setelah mengikuti pelatihan ini lebih mampu mengelola waktunya dengan lebih baik, menetapkan goal setting, membuat perencanaan aktivitas yang realistis dengan menimbang aktvitas lain yang harus dilakukan seperti waktu untuk istirahat, family time dan me time. Kata kunci ; Pelatihan Self Regulation, Pembelajaran Online, Mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Depositing User: Ms Lucia Hernawati
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:21
Last Modified: 04 Aug 2021 15:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item View Item