Pengembangan Media Edukasi Berbasis Boardgame dengan tema Tata Kota dan Pelestarian Lingkungan untuk Anak-Anak Lingkungan Berkualitas Rendah di Semarang Kota

Wardhani, Dhiyan Khrisna and SUMIJATI, SRI and SULASTRI, AUGUSTINA and Hardjana, Alfons Christian Pengembangan Media Edukasi Berbasis Boardgame dengan tema Tata Kota dan Pelestarian Lingkungan untuk Anak-Anak Lingkungan Berkualitas Rendah di Semarang Kota. Project Report. LPPM Universitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Bukti Kinerja Penelitian_Laporan Akhir Penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Generasi muda yang tinggal dan menjelajahi kota pada masa sekarang ini juga akan menjadi penerus dari generasi sebelumnya untuk mengelola tempat tinggalnya. Idealnya, mereka memiliki pandangan tersendiri dan pola pikir khusus mengenai kota yang baik demi masa depan mereka sendiri. Namun, pada masa sekarang ini ditengarai bahwa kepedulian dan kepekaan anak-anak terhadap kota dan lingkungan tak lagi sama dengan generasi terdahulu. Hal tersebut diduga terjadi terutama pada anak-anak yang lahir dan tumbuh di kota namun tidak mendapatkan pendidikan mengenai kota dan lingkungan, tidak mendapatkan dan menyaksikan contoh kehidupan kota yang “layak” dan tingkah laku dalam lingkungan yang “pantas” dalam keseharian yang juga merupakan bagian vital dan aktor utama dari keberlanjutan sebuah kota. Oleh karena itu diperlukan metode atau medium untuk memberikan pengertian, pemahaman dan pendidikan bagi anak-anak tersebut tentang bagaimana bertindak di lingkungan perkotaan untuk keberlanjutan kota tempat tinggal mereka kelak. Dengan pengembangan media pembelajaran berupa permainan papan / boardgame diharapkan mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan dapat menarik minat anak-anak, khususnya anak-anak pada usia pendidikan dasar, dan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk memperkenalkan tata kota dan lingkungan pada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mengenai tata kota dan kelestarian lingkungan melalui edugame berupa permainan papan / boardgame yang terjangkau, mengasyikkan, dan dapat dengan mudah dipahami serta dilakukan oleh anak-anak di bawah bimbingan orangtua dan guru. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif media pembelajaran mengenai tata kota dan pelestarian lingkungan untuk anak-anak usia pendidikan dasar pada umumnya, dan siswa SD PL Servatius Gunung Brintik Semarang secara khusus, di mana konten permainan merujuk pada kondisi dasar dan pengetahuan dari para siswa SD PL Servatius Gunung Brintik Semarang sebagai subjek studi dalam penelitian ini. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya permainan papan / boardgame sebagai alternatif media pembelajaran mengenai tata kota dan pelestarian lingkungan yang diharapkan dapat berguna dalam penanaman kesadaran akan kota dan lingkungan untuk anak-anak yang nantinya mampu menjadi landasan dalam pendidikan dasar dengan tema terkait. Adapun dalam laporan ini dijelaskan secara rinci mengenai hasil penelitian dan kemajuan penelitian terkait dengan segala kendala dan temuan yang terjadi dan didapatkan di tengah kondisi pandemi COVID-19 di mana beberapa tahapan serta proses tergantikan dengan alternatif solusi serta rencana tindak lanjut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Research Department
Depositing User: Ms Augustina Sulastri
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:59
Last Modified: 04 Aug 2021 08:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item