Perancangan Green Manufacturing pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal.

PRESTIANTO, BAYU and KUSDIARTINI, VERONICA (2021) Perancangan Green Manufacturing pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN-GREEN MANUFAKTURING UMKM.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai green manufacturing dilakukan berawal dengan maraknya pertumbuhan industri, yang berdampak pada pencemaran lingkungan. Industri yang baik adalah industri yang mampu mengurangi polusi, mampu mengatasi permasalahan limbah, dan memperhatikan kelestarian lingkungan yang sering disebut dengan istilah green manufacturing.Green manufacturing adalah pembaharuan proses dan kebijakan produksi yang mengutamakan operasi manufaktur ramah lingkungan. Pada dasarnya, green manufacturing menggunakan lebih sedikit sumberdaya alam, mengurangi polusi dan limbah, mendaur ulang dan menggunakan bahan emisi dalam proses manufaktur. Penelitian mengenai perancangan green manufacturing pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal, bertujuan untuk untuk mengetahui perancangan green manufacturing pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal. Harapan yang bisa diperoleh dari hasil penelitian ini agar dapat membantu memberikan solusi kepada pengelola perusahaan, khususnya mengenai Green manufacturing pada perusahaan yang mereka kelola. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Metode analisis menggunakan metode OECD mengenai green manufacturing yang digunakan untuk mengukur tingkat green manufacturing pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal. Hasil penelitian didapatkan pada Konveksi Arita Industry Semarang, Oox Guitarmaker Ambarawa, Idea Mebel Semarang, PT. Soegiarto Gemilang Tangguh Tegal, semua masuk dalam tingkatan green manufacturing intermediate. Untuk mencapai tingkatan green manufacturing yang lebih tinggi advanced, tentunya masing-masing perusahaan perlu membuat perancangan green manufacturing dengan tepat. Perancangan green manufacturing pada tiap perusahaan dilakukan secara berbeda-beda sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing Hal ini dikarenakan masing-masing perusahaan yang menjadi obyek dalam penelitian ini mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga tidak bisa digeneralisir. Rekomendasi yang bisa disampaikan bahwa : perusahaan perlu mengefisiensikan proses produksi agar dapat meminimalisir limbah yang dihasilkan, mulai melakukan 3R (reuse, reduce, recycle) dalam kegiatan produksi, menggunakan energi alami dan ramah lingkungan, seperti energi sinar matahari, penggunaan lampu LED, perusahaan perlu menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, dengan penggunaan plastik yang ecovalue, dalam upaya mendukung pelaksanaan green manufacturing, maka perusahaan perlu melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada karyawan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Bayu Prestianto
Date Deposited: 04 Aug 2021 09:03
Last Modified: 25 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item View Item