Pengaruh Strategi Bisnis, Struktur Kepemilikan Saham, Karakteristik Manajerial, dan Manajemen Laba Terhadap Efisiensi Investasi

UNSPECIFIED (2021) Pengaruh Strategi Bisnis, Struktur Kepemilikan Saham, Karakteristik Manajerial, dan Manajemen Laba Terhadap Efisiensi Investasi. Project Report. Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
Bukti Kinerja Penelitian Efisiensi Investasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi investasi dengan premis bahwa laporan keuangan yang berkualitas akan meningkatkan efisiensi investasi. Lebih spesifik, penelitian ini memprediksi strategi bisnis, struktur kepemilikan, karakteristik manajerial, dan manajemen laba berpengaruh terhadap efisiensi investasi. Walaupun strategi bisnis bisa dikelompokkan ke dalam empat tipologi, dalam penelitian ini pengujian strategi bisnis fokus prospector dan s defender. Struktur kepemilikan direpresentasikan oleh beberapa pemegang saham dalam jumlah besar (multiple large shareholders). Manajemen laba diukur dengan menggunaka modified Jones Model. Sementara, karakteristik manajerial diwakili oleh tingkat pendidikan dalam bidang bisnis dan reputasi manajerial. Untuk mengendalikan perbedaan karakteristik perusahaan, model regresi logistik yang digunakan juga memasukkan empat variabel kontrol struktur modal (debt of equity ratio), ukuran perusahaan, profitabilitas, dan arus kas operasi. Ada lima hipotesis yang diajukan yang menghubungkan efisiensi investasi dengan strategi bisnis, multiple large shareholders, persentase direktur yang memiliki gelar MBA atau M.M reputasi manajerial, dan manajemen laba. Hasil analisis data menggunakan regresi logistik menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Hipotesis satu yang memprediksi strategi bisnis berhubungan positif dengan efisiensi investasi tidak terdukung secara statistik. 2) Hipotesis dua yang memprediksi perusahaan yang memiliki multiple large shareholder dapat mengelola sumber daya dengan efisien tidak terdukung secara statistik. 3) Hipotesis tiga yang memrediksi perusahaan yang dikelola manajer yang lebih banyak memiliki gelar MBA (M.M) kemungkinan besar mampu mengelola sumber daya lebih efisien dibandingkan dengan perusahaan yang sedikit memiliki gelar MBA (M.M) tidak terdukung secara statistik. Walau secara statistik signifikan, arahnya bertentangan dengan prediksi. 4) Hipotesis empat yang memprediksi perusahaan yang memiliki reputasi manajerial yang tinggi kemungkinan besar mampu mengelola sumber daya lebih efisien dibanding perusahaan lain tidak terdukung secara statistik. 5) Hipotesis lima yang memprediksi perusahaan yang melakukan manajemen laba kemungkinan besar tidak mampu mengelola sumber daya dengan efisiens tidak terdukung secara statistik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Sansaloni .
Date Deposited: 03 Aug 2021 05:54
Last Modified: 03 Aug 2021 05:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26268

Actions (login required)

View Item View Item