Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Pangan Organik

SUSILOWATI, MG. WESTRI KEKALIH and Rahutami, Angelina Ika and Wahyuningdyah, Retno Yustini (2021) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Pangan Organik. Project Report. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
bukti-Penelitian Pangan Organik.pdf
Restricted to Registered users only until July 2021.

Download (688kB)

Abstract

Kerusakan dan keberlanjutan lingkungan merupakan hal yang menjadi fokus perhatian dewasa ini. Permasalahan yang diangkat dan terkait dengan lingkungan pun tidak hanya berbicara pada masalah lingkungan fisik, seperti degradasi lingkungan, kerusakan hutan atau pun polusi, namun berkembang lebih lebar dan dalam. Salah satu hal yang menarik adalah adanya perubahan perilaku dalam konsumsi produk yang dikategorikan bersifat “hijau”. Produk hijau adalah produk yang ramah lingkungan karena proses dan manfaatnya memperhati faktor kelestarian lingkungan. Dalam produk yang ramah lingkungan, komponen yang ada didalamnya bersifat aman, tidak beracun, dapat didaur ulang, atau memiliki kemasan yang ramah lingkungan. Produk-produk hijau ini memiliki segmen khusus yang biasa disebut sebagai green consumer. Konsumen hijau ini memiliki perilaku dalam belanja atau konsumsi yang sadar akan lingkungan. Intensi pembelian hijau (Green Purchase Intention) yang dimiliki oleh konsumen hijau mendorong seseorang untuk memilih produk yang ramah lingkungan dibandingkan dengan produk yang tradisonal. Dengan pendekatan analisis regresi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pembelian produk pangan organik dengan mengembang hipopesis bahwa perilaku pembelian produk pangan organik dipengaruhi oleh persepsi keseriusan masalah lingkungan, persepsi tanggung jawab lingkungan, persepsi keefektifan perilaku lingkungan, serta perhatian terhadap citra diri berkaitan dengan perlindungan lingkungan, dengan subyek studi masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi perilaku pembelian produk pangan organik menurut jenis kelamin. Untuk mencapai tujuan tersebut, studi ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan regresi berganda. Dengan metode pengumpulan data kuesioner melalui google form, dalam kajian ini terkumpul 155 respon valid dengan unit sampel rumah tangga di 16 kecamatan di kota Semarang. Responden merupakan pengambil keputusan konsumsi atau yang dapat secara mandiri mengambil keputusan konsumsi dalam rumah tangga yang sebagian besar memiliki pendidikan sarjana, telah menikah, jumlah tanggungan antara 1 – 3 orang, dan termasuk dalam kelompok ekonomi menengah – menengah atas. Hasil studi menunjukkan bahwa masyarakat cenderung memiliki persepsi adanya masalah lingkungan yang serius, merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan, mempersepsikan bahwa tindakan menjaga lingkungan yang dilakukan secara individual merupakan efektif untuk menjaga lingkungan, serta memiliki kepedulian citra diri sehubungan dengan perilaku menjaga lingkungan. Sementara itu, hasil regresi menunjukkan bahwa persepsi tanggung jawab lingkungan yang dirasakan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, dan kepedulian terhadap citra diri sehubungan dengan perlindungan lingkungan. Sedangkan persepsi terhadap keseriusan masalah lingkungan tidak terbukti berpengaruh positif signifikan. Secara bersama-sama persepsi terhadap keseriusan masalah lingkungan, tanggung jawab lingkungan yang dirasakan, efektivitas perilaku lingkungan yang dirasakan, dan kepedulian terhadap citra diri sehubungan dengan perlindungan lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian pangan organik. Studi juga menunjukkan adanya perbedaan perilaku pembelian produk pangan organik antara laki-laki dan perempuan, perempuan memiliki perilaku pembelian produk pangan organik yang lebih tinggi. Saran untuk penelitian selajutnya adalah dengan menambahkan beberapa variabel yang diduga berpengaruh terhadap perilaku pembelian pangan organik seperti kepedualian terhadap kesehatan, prefrensi terhadap produk “asli”, personaliti, dan gaya hidup. Bagi pemasar, promosi yang menekankan pada pengenalan produk pangan organik yang dijual dapat digunakan untuk mendorong penjualan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms MG. Westri Kekalih
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:11
Last Modified: 30 Jul 2021 06:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item