PENGARUH CORPORATE GOVERNACE TERHADAP CORPORATE FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERFORMANCE YANG DIUKUR DENGAN PERINGKAT PROPER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI KASUS: PERUSAHAAN PENERIMA ANUGERAH PROPER TAHUN 2019

TRIMEININGRUM, ENY and WIBOWO, BONIFATIUS JUNIANTO and PURNAMASARI, SHRESTA PENGARUH CORPORATE GOVERNACE TERHADAP CORPORATE FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERFORMANCE YANG DIUKUR DENGAN PERINGKAT PROPER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI KASUS: PERUSAHAAN PENERIMA ANUGERAH PROPER TAHUN 2019. Project Report. Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Lap Akir Penelitian GCG-Kategori (Property).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah mendorong implementasi industri hijau melalui berbagai kebijakan yang bersifat himbauan hingga mandatory maupun penghargaan kepada perusahaan yang bertanggungjawab kepada lingkungan. Bagi perusahaan, penghargaan ini akan memberi citra positif sehingga akan meningkatkan penjualan, perolehan laba dan tentunya juga akan meningkatkan minta investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan. Beberapa studi menemukan hasil bahwa perusahaan yang menerapkan green accounting mengalami peningkatan earning dan harga saham dibandingkan sebelum penerapan. Meski begitu, literatur menunjukkan bahwa manfaat penerapan orientasi lingkungan belum mencapai hasil yang konklusif. Penelitian ini akan mengkaji hubungan antara Corporate Governance, CSR dan Corporate Financial Performance sebagai bagian dari pengembangan literatur mengenai hubungan ketiganya yang masih belum banyak. Penelitian ini menggunakan penerimaan penghargaan PROPER sebagai proksi dari CSR. Selian itu, studi mengenai manfaat yang diperoleh perusahaan terbuka yang memperoleh Pengujian manfaat yang diterima oleh perusahaan menjadi penting untuk dilakukan karena mampu mendorong perusahaan untuk mempertahankan, meningkatkan kinerja lingkungan untuk mencapai kategori Emas. Secara agregat maka hal ini akan meningkatkan kualitas lingkungan. Temuan penelitian ini adalah Corporate Governance terbukti mempengaruhi CSR Performance dimana CSR Performance diproksi dengan Peringkat PROPER. Semakin banyak jumlah kepemilikan saham oleh pengendali akan menurunkan CSR Performance perusahaan. Proporsi jumlah komisaris independen terhadap keseluruhan komisaris tidak mempengaruhi CSR Performance. CSR Performance tidak mempengaruhi Corporate Financial Performance. CSR Performance tidak memediasi hubungan antara Corporate Governance dengan Corporate Financial Performance. Namun Corporate Governance secara konklusif mempengaruhi Corporate Financial Performance.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Stocks
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 28 Jul 2021 14:03
Last Modified: 28 Jul 2021 14:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item