Efek penerapan terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas pada anak ADHD

Utami, Margaretha Sih Setija and SUMIJATI, SRI and Dani, Robik Anwar (2017) Efek penerapan terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas pada anak ADHD. Efek penerapan terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas pada anak ADHD. ISSN ISBN: 978-602-1145-49-4

[img] Text
58119890542017G1_Prosiding IPPI dg Robik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas anak ADHD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kasus tunggal dengan A-B-A multiple baseline design across subjects. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga anak dengan rentang usia tujuh s/d delapan tahun, bersekolah di SD inklusif di Semarang, yang telah didiagnosis mengalami ADHD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan checklist perilaku hiperaktif. Pengukuran dilakukan pada saat baseline satu, intervensi, dan baseline dua. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan within subject t-test. Hasil analisis data menunjukkan adanya penurunan skor hiperaktivitas pada ketiga subjek demikian pula hasil within subject t-test juga menunjukkan bahwa thit lebih besar dari ttab (t hit = 12,58 > t = 9,925). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi gerakan tari dapat menurunkan hiperaktivitas anak ADHD. tab(α=0,01)

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 21 Jul 2021 06:52
Last Modified: 21 Jul 2021 06:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item