STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B)

RAHAYU, ESTHI and Nugraheni, Rosalia Hapsari (2017) STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B). STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B).

[img] Text
58120012432017G1_Seminar Nasional di BAPPEDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang stress dan coping yang dialami oleh guru sekolah luar biasa bagian B (SLB/B). Manfaat teoritis penelitian ini adalah mampu menyumbang ilmu dalam Psikologi Klinis khususnya tentang kesehatan mental guru yang bekerja di SLB/B. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap lima guru SLB/B Dena Upakara Wonosobo yang aktif bekerja selama 20 tahun atau lebih. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah stres yang dialami oleh guru-guru disebabkan oleh kesulitan komunikasi dengan siswa, kebijakan sekolah (administrasi, kurikulum), tuntutan orangtua siswa dan keluarga. Problem focused coping yang digunakan oleh kelima guru adalah keaktifan diri dan dukungan sosial sebagai alat. Emotion focused coping yang digunakan oleh kelima guru adalah pemahaman secara postif, berpaling pada agama dan dukungan secara emosional.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:16
Last Modified: 13 Jul 2021 03:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25908

Actions (login required)

View Item View Item