RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALES TOKO RETAIL BERBASIS QR-CODE

BENSONA, SIMEON (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALES TOKO RETAIL BERBASIS QR-CODE. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-COVER_a.pdf

Download (798kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-BAB I_a.pdf

Download (120kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-BAB III_a.pdf

Download (163kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-BAB V_a.pdf

Download (116kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-DAPUS_a.pdf

Download (254kB)
[img] Text
16.N1.0018-SIMEON BENSONA-LAMP_a.pdf

Download (391kB)

Abstract

Setiap bisnis kecil dan menengah pasti memiliki alur bisnis yang memerlukan perhatian secara terperinci dari pelaku usaha. Perhatian ini sangat sulit diwujudkan hanya dengan menggunakan kemampuan berpikir dan tenaga manusia normal, karena pikiran dan tenaga manusia memiliki karakteristik yang dimana tidak dapat selalu konsisten dalam memberikan perhatian dan pengawasan terhadap bisnisnya. Saat ini, bantuan berupa sistem informasi stock barang sudah diimplementasikan, namun karena rumitnya pengoperasian akan aplikasi tersebut menyebabkan pelaku usaha kecil dan menengah cenderung enggan untuk mengimplementasikan pada bisnisnya. Karena, dikhawatirkan akan menyulitkan alur bisnis yang sedang dijalankan. Kesulitan tersebut diakibatkan karena rumitnya sistem pengkodean untuk setiap barang demi konsistensi penomoran setiap barang. Kesulitan ini berupa pencocokan kode untuk setiap barang, sehingga operator harus mengingat atau minimal membuat catatan untuk setiap barang lalu memasukkannya ke dalam sistem untuk melakukan checking barang tersebut. Dalam masalah ini, penulis ingin mengatasinya dengan membuat sistem berbasis QR-Code yang tidak memerlukan ingatan manusia untuk melakukan checking dan hanya bermodalkan gadget dengan kamera sebagai alatnya. Untuk mengetahui sistem yang dibuat dapat menyelesaikan masalah yang ada, penelitian ini akan dimulai dengan wawancara kebutuhan sistem, lalu pembangunan sistem sesuai data wawancara yang diperoleh. Setelah sistem selesai dibuat, implementasi sistem akan dilakukan pada toko retail yang bersangkutan. Setelah melakukan implementasi, pemilik toko akan diwawancarai mengenai dampak yang terjadi setelah implementasi sistem. Dari hasil wawancara akhir menemukan bahwa implementasi Point of Sales dengan memanfaatkan QR-Code memang meningkatkan kemampuan dari pemilik toko untuk melakukan pemantauan akan dinamika bisnis yang terjadi seperti alur keluar masuk barang, keuangan hingga produktivitas karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Jun 2021 05:49
Last Modified: 23 Jun 2021 05:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25861

Actions (login required)

View Item View Item