PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUBUK PENYEDAP RASA SEAWEED GRACILARIOPSIS LONGISSIMA (S.G GMELIN) STEENTOFT, L.M. IRVINE & FARNHAM MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT)

PERDANA, FABIANUS BINTANG (2021) PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUBUK PENYEDAP RASA SEAWEED GRACILARIOPSIS LONGISSIMA (S.G GMELIN) STEENTOFT, L.M. IRVINE & FARNHAM MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-COVER_a.pdf

Download (662kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-BAB I_a.pdf

Download (209kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-BAB III_a.pdf

Download (355kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-BAB IV_a.pdf

Download (193kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-BAB V_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-DAPUS_a.pdf

Download (270kB)
[img] Text
16.I1.0151-FABIANUS BINTANG PERDANA-LAMP_a.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penyedap rasa merupakan bahan tambahan pangan yang berguna meningkatkan cita rasa suatu produk olahan pangan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi penyedap rasa sintetis yang terbesar disertai dengan konsumsinya yang besar juga. Jika penyedap rasa sintetis dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan penyedap rasa alami yang terbuat dari rumput laut Gracilariopsis longissima S.G. (Gmelin) Steentoft, L.M. Irvine & Farnham. Rumput laut ini termasuk jenis Gracilaria sp. yang banyak dihasilkan oleh laut Indonesia. Penelitian sebelumnya berhasil mengolah rumput laut Gracilariopsis longissima S.G. (Gmelin) Steentoft, L.M. Irvine & Farnham menjadi bubuk penyedap rasa. Namun perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai umur simpan produk sehingga dapat diketahui sejauh apa produk dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur simpan bubuk penyedap rasa yang terbuat dari Gracilariopsis longissima S.G. (Gmelin) Steentoft, L.M. Irvine & Farnham dengan menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) pendekatan arrhenius pada variasi suhu yang berbeda. Metode ini dilakukan dengan menguji kadar air dan aktivitas air (Aw) dari bubuk penyedap rasa selama 8 minggu dengan suhu penyimpanan 20oC, 30oC, dan 40oC. Kadar air dan aktivitas air (Aw) yang terukur akan dikonversi berdasarkan persamaan arrhenius sehingga dapat diketahui dugaan umur simpan produk. Pengujian kadar air dilakukan menggunakan alat moisture balance sedangkan pengujian aktivitas air (Aw) dilakukan dengan menggunakan alat Aw meter. Setiap minggu dilakukan pengukuran kadar air dan aktivitas air (Aw) dari minggu ke-0 hingga minggu ke-8. Berdasarkan hasil uji kadar air, umur simpan bubuk penyedap rasa seaweed pada suhu 20oC adalah 6,4 minggu, pada suhu 30oC adalah 4,7 minggu, dan pada suhu 40oC adalah 3,6 minggu. Sedangkan berdasarkan hasil uji aktivitas air, umur simpan bubuk penyedap rasa seaweed pada suhu 20oC adalah 18,1 minggu, pada suhu 30oC adalah 12,8 minggu, dan pada suhu 40oC adalah 9,2 minggu. Nilai kadar air dan aktivitas air pada bubuk penyedap rasa mengalami peningkatan setiap minggunya. Sedangkan suhu sangat mempengaruhi umur simpan produk bubuk penyedap rasa seaweed. Semakin tinggi suhu lingkungan atau tempat penyimpanan bubuk penyedap rasa, maka semakin singkat umur simpan bubuk penyedap rasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food storage
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 21 Jun 2021 08:20
Last Modified: 21 Jun 2021 08:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item