PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, TIME BUDGET PRESSURE, DAN AUDIT FEE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN VARIABEL MODERASI PEMAHAMAN SISTEM INFORMASI (STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR KAP DI SEMARANG

PERTIWI, WINDI DIAN (2021) PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, TIME BUDGET PRESSURE, DAN AUDIT FEE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN VARIABEL MODERASI PEMAHAMAN SISTEM INFORMASI (STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR KAP DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-COVER_a.pdf

Download (387kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-BAB I_a.pdf

Download (308kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-BAB III_a.pdf

Download (265kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-BAB IV_a.pdf

Download (272kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-BAB V_a.pdf

Download (113kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-DAPUS_a.pdf

Download (243kB)
[img] Text
15.G2.0006-WINDI DIAN PERTIWI-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemisahan kewenangan antara manajemen dan pemilik perusahaan pada perusahaan go public seringkali menimbulkan konflik kepentingan yang mengarah pada rendahnya kredibilitas laporan keuangan sehingga jasa audit yang dibutuhkan harus mampu memberi jaminan laporan keuangan bebas dari salah saji material. Oleh karena itu auditor dituntut untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas auditnya untuk mempertahankan kepercayaan dari masyarakat. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit. Beberapa diantaranya adalah kompetensi auditor, time budget pressure, audit fee atau imbal jasa audit, serta pemahaman sistem informasi. Namun pada kenyataannya banyak penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil yang berbeda-beda mengenai pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kualitas audit. Oleh karena itu penelitian ini akan menguji kembali pengaruh kompetensi audit, time budget pressure, dan audit fee terhadap kualitas audit serta menambahkan variable moderasi pemahaman auditor pada sistem informasi. Hal itu dikarenakan dugaan bahwa faktor pemahaman auditor terhadap sistem informasi audit menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi keduanya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi auditor, time budget pressure, dan audit fee terhadap kualitas audit, serta untuk mengetahui apakah pemahaman sistem informasi dapat menguatkan atau memperlemah pengaruh audit fee terhadap kualitas audit. Melalui metode kuesioner dan diuji menggunakan moderated regression analysis (MRA) diperoleh hasil penelitian bahwa kompetensi auditor tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, time budget pressure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, audit fee berpengaruh positif terhadap kualitas audit, serta pemahaman sistem informasi memperkuat pengaruh kompetensi auditor terhadap kualitas audit. Rekomendasi dari penelitian ini antara lain Sebaiknya pihak KAP dan auditor dapat memperhatikan aspek kompetensi auditor, audit fee dan pemahaman auditor terhadap sistem informasi dengan cara melakukan training pada auditor serta menambahkan kualifikasi yang dibutuhkan saat membuka lowongan untuk auditor seperti standar pengetahuan dan pengalamannya yang cukup. Selain itu, itu diharapkan penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi kualitas audit untuk menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:54
Last Modified: 18 Jun 2021 02:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25744

Actions (login required)

View Item View Item