KAJIAN AKADEMIK KESESUAIAN MATERI PERATURAN DAERAH PROVINSI GORONTALO NOMOR 10 TAHUN 2003 TENTANG PENCEGAHAN MAKSIAT DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA

Simandjuntak, Marcella Elwina and SARASWATI, RIKA and Laot Kian, Antonius Maria KAJIAN AKADEMIK KESESUAIAN MATERI PERATURAN DAERAH PROVINSI GORONTALO NOMOR 10 TAHUN 2003 TENTANG PENCEGAHAN MAKSIAT DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA. Project Report. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text (Dokumen)
ST dan Laporan Penelitian BPIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Peer Review)
nilai reviewer III.c_(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (TURNITIN)
report Turnitin_III.C (2) Kajian Akademik Kesesuaian Materi Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Pancasila yang merupakan sumber dari segala sumber hukum atau staatsfundamentalnorm, yang harus direfleksikan dan menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan peraturan perundang-undangan (termasuk peraturan daerah) tidak tercermin dalam pembentukan dan muatan isi Peraturan Daerah Propinsi Gorontalo No. 10 Tahun 2003 tentang Pencegahan Maksiat. ‘Cita hukum’ atau ‘rechtsidee’, yang hendak dilindungi oleh Peraturan Daerah ini juga tidak tercermin dalam pembuatannya, padahal cita hukum untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial yang tercermin dalam setiap sila yang ada dalam Pancasila merupakan tolok ukur regulatif dan konstitutif pembuatan kebijakan dan peraturan perundang-undangan termasuk peraturan daerah. Sebagai landasan ideologis serta filosofis dari seluruh kebijakan dan peraturan perundang- undangan yang seharusnya dibentuk dan diterapkan di Indonesia, nilai- nilai Pancasila juga tidak tercermin dalam Peraturan Daerah Propinsi Gorontalo No. 10 Tahun 2003 tentang Pencegahan Maksiat karena dibuat berdasarkan ‘interpretasi’ salah satu agama tertentu yakni agama Islam, walaupun Perda diperuntukkan bagi setiap orang atau setiap warga masyarakat yang berada di wilayah teritorial Gorontalo yang plural atau beragam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms Rika Saraswati
Date Deposited: 09 Nov 2021 07:45
Last Modified: 21 Sep 2022 01:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item