PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF BIDANG LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA SEMARANG DALAM PERLINDUNGAN LINGKUNGAN HIDUP

PUTRI, RISTIANTI (2021) PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF BIDANG LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA SEMARANG DALAM PERLINDUNGAN LINGKUNGAN HIDUP. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-BAB I_a.pdf

Download (617kB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-BAB III_a.pdf

Download (814kB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-BAB IV_a.pdf

Download (342kB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-DAPUS_a.pdf

Download (480kB)
[img] Text
17.C1.0065-RISTIANTI PUTRI-LAMP_a.pdf

Download (616kB)

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyebutkan bahwa salah satu hak masyarakat Indonesia yaitu mendapatkan lingkungan hidup yang baik. Oleh karena itu Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mengatur mengenai tanggung jawab Pemerintah untuk melindungi lingkungan hidup, salah satunya dengan melaksanakan penerapan sanksi administratif yang berfungsi untuk menjaga ketaatan masyarakat dalam memanfaatkan lingkungan hidup. Permasalahannya adalah dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja ini terjadi perubahan dalam penerapan sanksi administratif baik pengaturan maupun penerapannya. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana pengaturan, penerapan, dan hambatan dalam penerapan sanksi administratif bidang lingkungan hidup sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang dalam perlindungan lingkungan hidup. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dimana penulis melakukan riset, dan setelah mendapatkan data yang diperlukan selanjutnya data ini dianalisis sehingga berbentuk tulisan maupun deskriptif mengenai permasalahan yang penulis teliti, sehingga pembaca mendapatkan gambaran mengenai hasil penelitian yang penulis teliti. Penerapan sanksi administratif bidang lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang merupakan wewenang berdasarkan pendelegasian dari Walikota Semarang. Penerapan sanksi administratif ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang dalam perlindungan lingkungan hidup. Dalam penerapannya tidak sedikit Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang mengalami berbagai hambatan antara lain ialah minimnya sumber daya manusia, fasilitas sarana prasarana tidak mencukupi, dan tidak adanya kesadaran dari perusahaan sehingga penerapan sanksi administratif tidak berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:37
Last Modified: 10 Jun 2021 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item