PELAKSANAAN MANAJEMEN RISIKO PELAYANAN KLINIS DALAM MENJAMIN PELINDUNGAN HUKUM PASIEN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PEKALONGAN

Puryakasari, Nurma (2020) PELAKSANAAN MANAJEMEN RISIKO PELAYANAN KLINIS DALAM MENJAMIN PELINDUNGAN HUKUM PASIEN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text (BAB I)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text (BAB II)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - BAB III.pdf

Download (599kB)
[img] Text (BAB IV)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.C2.0059-Nurma Puryakasari - LAMPIRAN.pdf

Download (946kB)

Abstract

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan klinis kepada masyarakat harus dapat menyediakan pelayanan klinis tingkat pertama yang aman dan bermutu. Untuk menilai apakah sistem pelayanan klinis yang menjamin mutu dan keselamatan pasien di Puskesmas berjalan dengan baik, aman dan minimal dari risiko, serta selalu dilakukan upaya perbaikan proses pelayanan secara berkesinambungan dan konsisten, maka perlu dilakukan penilaian akreditasi. Puskesmas yang sudah terakreditasi seharusnya menerapkan manajemen risiko, namun dengan berbagai macam masalah yang terjadi di masing-masing puskesmas, bisa saja setelah akreditasi puskesmas tidak menerapkan manajemen risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan manajemen risiko pelayanan klinis dalam menjamin pelindungan hukum kepada pasien serta mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen risiko pelayanan klinis dalam menjamin pelindungan hukum pasien pada puskesmas di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitik. Dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dan studi kepustakaan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memilih empat Puskesmas dengan kriteria Puskesmas sudah terakreditasi, Puskesmas rawat inap/non rawat inap, Puskesmas perkotaan/pedesaan. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel lokasi Puskesmas Wiradesa (Puskesmas perkotaan, non rawat inap, dengan status akreditasi madya dan reakreditasi paripurna), Puskesmas Siwalan (Puskesmas pedesaan, non rawat inap akreditasi madya dan reakreditasi utama), Puskesmas Bojong I (Puskesmas pedesaan, non rawat inap dengan status akreditasi madya dan reakreditasi madya), Puskesmas Sragi I (Puskesmas pedesaan, rawat inap dengan status akreditasi dasar). Regulasi tingkat pusat sudah mencukupi untuk memberikan pelindungan hukum dan keselamatan pasien. Regulasi tingkat daerah belum mencukupi hanya menyebutkan manajemen risiko secara umum. Pada taraf sinkronisasi vertikal antara undang-undang dan peraturan daerah tidak saling bertentangan. Pada taraf sinkronisasi horisontal antar peraturan daerah tidak saling bertentangan. Implementasi manajemen risiko pelayanan klinis pada Puskesmas di Kabupaten Pekalongan belum semua Puskesmas melaksanakan manajemen risiko secara konsisten. Pasien Puskesmas di Kabupaten Pekalongan mendapat pelindungan hukum preventif dengan adanya peraturan baik di tingkat pusat, peraturan daerah dan peraturan internal Puskesmas sedangkan Pelindungan hukum represif diberikan dalam bentuk tindak lanjut penyelamatan pasien terkait kelalaian dan pemberian sanksi kepada petugas yang melakukan kelalaian dengan teguran secara lisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 349 Law of specific jurisdictions & areas
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 May 2021 02:43
Last Modified: 28 May 2021 02:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25318

Actions (login required)

View Item View Item