ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI - NILAI ORGANISASI " MELAYANI DENGAN HATI " UNTUK MENDUKUNG KINERJA UNWIRA (PERSPEKTIF LINGKUNGAN PENGENDALIAN)

BASO, SUSANA PURNAMASARI (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI - NILAI ORGANISASI " MELAYANI DENGAN HATI " UNTUK MENDUKUNG KINERJA UNWIRA (PERSPEKTIF LINGKUNGAN PENGENDALIAN). Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
16.G3.0003_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.G3.0003_BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB II)
16.G3.0003_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
16.G3.0003_BAB 3.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G3.0003_BAB 4.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB V)
16.G3.0003_BAB 5.pdf

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G3.0003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G3.0003_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta mempunyai otonomi tersendiri dalam mengurus dan mengatur tata kelola perguruan tingginya. Dalam menjalankan perguruan tinggi ini dibutuhkan keselarasan antar internalisasi dan implementasinya. Begitu pula dengan Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang yang merupakan perguruan tinggi swasta yang menjadikan moto "melayani dengan hati" sebagai nilai dasar dalam berorganisasi. Internalisasi nilai melayani dengan hati di Unwira ditunjukkan dengan penerapan prinsip-prinsip good university govermance. Tetapi dalam implemntasi yang terjadi di Unwira bahwa penerapan prinsip transparasi, auntabilitas, responsibilitas, independensi dan keadilan belum berjalan dengan sempurna atau dapat dikatakan implementasi nilai - nilai melayanoi dengan hatibelum ditunjukkan secara total di Unwira. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal yangada di Unwira,dimana faktor internal berkaitan dengan tingkat kesadaran dari para pegawai dan faktor eksternal berkaitan dengan lingkungan Unwira terutama pengendalian atau dapat dikatakan bahwa kondisi lingkungan pengendalian di Unwira belum tercipta dengan baik. Nilai - nilai integritas, toleransi dan lain sebagainya belum nampak dalam organisasi baik dari segi internalisasi maupun implementasinya dalam GUG. Selain itu pengawasan yang kurang baik dari pimpinan dan satuan pengawas internal Unwira belum dapat memberikan rekomendasi yang memadai untik meningkatkan kinerja Unwira. Hal lain yang mempengaruhi yaitu dari pimpinan dan pengaawas internal Unwira belum dapat memberikan rekomendasi yang memadai untuk dapat meningkatkan kinerja Unwira. hal ini yang memepengaruhi yaitu ketegasan di Unwira yang masih kurang baik dalam hal mengatasi masalah maupun menyangkut aturan di Unwira. Belum adanya indikator yang terukur dalam memberikan penilaian kinerja bagi pegawai menjadi salah satu penyebab mutu pelayanan di Unwira masih rendah. Pada vdasarnya semua anggota Unwira meninternalisasikan dan memahami nilai melayani dengan hati, tatapi masih kurang dalam aktualisasi dan sosialisasi dari nilai tersebut sehingga setiap pegawai mengimplementasikan dalam tindakan dan pelayanan secara berbeda - beda. Bersarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai Unwira melayani dengan hati belum sepenuhnya mendukung kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Graduate Program in Accountancy
Depositing User: ms Wiwien Vieragustin Maria
Date Deposited: 25 May 2021 08:07
Last Modified: 25 May 2021 08:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item