ANALISIS PENERIMAAN MOBILE BANKING (M-BANKING) DENGAN KERUMITAN (COMPLEXITY) DAN PENGALAMAN (EXPERIENCE) SEBAGAI PENGEMBANGAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

STEFANI, HELENA THEODORA (2020) ANALISIS PENERIMAAN MOBILE BANKING (M-BANKING) DENGAN KERUMITAN (COMPLEXITY) DAN PENGALAMAN (EXPERIENCE) SEBAGAI PENGEMBANGAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB II)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - BAB IV.pdf

Download (829kB)
[img] Text (BAB V)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0159 - HELENA THEODORA STEFANI - LAMPIRAN.pdf

Download (797kB)

Abstract

Penggunaan sistem informasi akuntansi masa kini semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang cepat. Banyak inovasi yang muncul dalam tujuan mempermudah masyarakat melakukan transaksi keuangan. Salah satunya mobile banking yang diciptakan bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Namun dengan adanya mobile banking tidak semua lapisan masyarakat baik dari segi usia hingga ekonomi mampu memanfaatkan mobile banking, hal ini didukung oleh faktor kerumitan dan pengalaman dalam menggunakan berbagai teknologi. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan tambahan 2 variabel eksternal yaitu kerumitan dan pengalaman untuk mengetahui penerimaan masyarakat terhadap pengimplementasian mobile banking. Penelitian di uji dengan menggunakan alat uji SmartPLS 3.0. Sampel penelitian diambil dari masyarakat Kota Semarang yang berusia di atas 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerumitan tidak memengaruhi penerimaan mobile banking, dan persepsi kemudahan penggunaan juga tidak menentukan tingkat minat masyarakat dalam pengimplementasian mobile banking. Untuk variabel lainnya menunjukkan hasil yang positif memengaruhi. Kesimpulan penelitian ini adalah responden dengan usia muda tidak memiliki masalah dalam menggunakan atau mempelajari mobile banking, sedangkan untuk responden usia lanjut tidak begitu memiliki minat dalam menggunakan mobile banking. Dengan adanya penelitian ini memberikan manfaat bagi dunia perbankan untuk lebih memperhatikan masyarakat yang masih asing dengan aplikasi mobile banking, serta mempertimbangkan sistem mobile banking yang aman namun juga mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 May 2021 05:59
Last Modified: 14 May 2021 05:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24993

Actions (login required)

View Item View Item