PENGARUH PENGUKURAN KINERJA SUBJEKTIF DAN PENCAPAIAN TARGET BONUS TERHADAP PERSEPSI KEADILAN DALAM PEMBERIAN BONUS TAHUNAN

Widodo, Ruth Intansari (2020) PENGARUH PENGUKURAN KINERJA SUBJEKTIF DAN PENCAPAIAN TARGET BONUS TERHADAP PERSEPSI KEADILAN DALAM PEMBERIAN BONUS TAHUNAN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB II)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text (BAB V)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo - BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0030 - Ruth Intansari Widodo LAMPIRAN.pdf

Download (793kB)

Abstract

Bonus tahunan diberikan perusahaan kepada karyawan dengan tujuan untuk memicu karyawan dalam mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Pemberian bonus sendiri melihat pada prestasi maupun hasil yang dapat dihasilkan oleh masing-masing karyawan. Jika seorang karyawan dapat menyelesaikan target lebih, dapat menyelesaikan tugas lebih mereka akan diberikan bonus yang lebih tinggi juga nantinya. Cara lain dalam menentukan bonus juga dapat dengan pengukuran kinerja subjektif dimana membantu atasan untuk melihat kontribusi yang diberikan oleh karyawan bagi perusahaan. Dengan pengukuran kinerja subjektif diharapkan atasan dapat menilai bagaimana karyawan menunjukan niat baiknya dan melihat kinerja yang dihasilkan sehingga para atasan juga dapat mengevaluasi hasil kerja karyawan. Para atasan diharapkan untuk menggunakan persepsi keadilan sebagai standar penilaian untuk menilai kinerja karyawannya. Persepsi keadilan yang digunakan merupakan persepsi keadilan distributif dan persepsi keadilan prosedural. Keadilan distributif merupakan penilaian seorang karyawan berdasarkan kepada keadilan atau hasil yang diterima karyawan. Sedangkan keadilan prosedural merupakan keadilan yang dapat dirasakan dari proses dan prosedur yang digunakan dalam mengalokasikan keputusan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi keadilan distributif maupun keadilan prosedural berpengaruh dengan pengukuran kinerja subjektif dan pencapaian target bonus. Sampel dari penelitian ini merupakan karyawan perusahaan manufaktur di Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pengukuran kinerja subjektif berpengaruh positif dengan keadilan distributif. (2) Pengukuran kinerja subjektif berpengaruh positif dengan keadilan prosedural. (3) Target bonus berpengaruh positif dengan keadilan distributif. (4) Target bonus berpengaruh positif dengan keadilan prosedural.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 May 2021 02:02
Last Modified: 14 May 2021 02:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24935

Actions (login required)

View Item View Item