PERLINDUNGAN BAGI ANAK YANG DIJADIKAN TENTARA DI BEBERAPA NEGARA KONFLIK DITINJAU DARI SEGI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

Oktaviana, Fransisca Rita (2020) PERLINDUNGAN BAGI ANAK YANG DIJADIKAN TENTARA DI BEBERAPA NEGARA KONFLIK DITINJAU DARI SEGI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.C1.0045_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
16.C1.0045_BAB 1.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB 2)
16.C1.0045_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB 3)
16.C1.0045_BAB 3.pdf

Download (879kB)
[img] Text (BAB 4)
16.C1.0045_BAB 4.pdf

Download (294kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.C1.0045_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.C1.0045_LAMPIRAN.pdf

Download (340kB)

Abstract

Dalam konflik bersenjata perlindungan terhadap anak-anak sangat dibutuhkan karena anak-anak sangat rentan sekali menjadi korban dalam konflik bersenjata serta anak-anak juga rentan menjadi sasaran untuk digunakan sebagai tentara dalam konflik bersenjata. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana hukum humaniter internasional mengatur tentang hak anak dalam konflik bersenjata terutama mereka yang dijadikan tentara anak juga untuk mengetahui bagaimana situasi perlindungan anak dan tentara anak dalam konflik bersenjata. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan motede yang didasari metode, sistematika, dan pemikiran tertentu untuk mempelajari peraturan dalam hukum humaniter internasioanl terkait perlindungan terhadap tentara anak yang kemudian dianalisa. Metode penelitian kali ini bersifat kualitatif dengan penjabaran aturan hukum terkait dan dengan metode pendekatan yuridis normatif yang akan membandingkan antara peraturan hukum humaniter internasional terkait tenntara anak dengan realita yang terjadi di wilayah konflik.. Anak-anak memiliki hak untuk hidup yang merdeka serta dipenuhi segala kebutuhan mereka dalam pendidikan maupun kesehatan terutama anak-anak yang berada di wilayah konflik dimana semua kebutuhan mereka dan keamanan anak-anak tersebut harus terjamin. Oleh karena itu hal tersebut telah diatur oleh hukum humaniter internasional untuk menjamin pemeenuhan hak anak-anak terutama yang berada di wilayah konflik. Selain itu hukum humaniter internasional juga mengatur tentang perlindungan hak anak yang dijadikan tentara dalam konflik bersenjata agar setiap anak yang dijadikan tentara juga dapat terpenuhi semua hak-haknya meskipun dalam realitanya hingga kini masih banyak anak-anak yang dijadikan tentara tidak mendapatkan perlindungan yang layak dan hak-hak mereka yang tidak terpenuhi sebagai pemilik jiwa yang bebas. Namun seiring berjalannya waktu kasus perekrutan tentara anak ini sudah mulai menjadi perhatian masyarakat internasional hingga ICC (International Criminal Court) telah menetapkan dua orang tersangka perekrut tentara anak dan telah di pidana penjara serta masih banyak kasus lainnya yang masih dalam proses agar semua oknum perekrut tentara anak dapat menerima ganjaran dari apa yang telah mereka perbuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 05 May 2021 04:44
Last Modified: 19 May 2021 02:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24746

Actions (login required)

View Item View Item