PENGAWASAN TERHADAP PRODUK PANGAN KEMASAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN ATAS KEAMANAN PANGAN DI WILAYAH KOTA SEMARANG

Suroto, Rahmawati Dewi (2020) PENGAWASAN TERHADAP PRODUK PANGAN KEMASAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN ATAS KEAMANAN PANGAN DI WILAYAH KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.C1.0069_COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB 1)
15.C1.0069_BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 2)
15.C1.0069_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB 3)
15.C1.0069_BAB 3.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB 4)
15.C1.0069_BAB 4.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.C1.0069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.C1.0069_LAMPIRAN.pdf

Download (747kB)

Abstract

Produk pangan dalam kemasan yang beredar khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru pada praktiknya tidak selalu aman dikonsumsi oleh masyarakat. Dikarenakan kemasan produk pangan rusak, kadaluarsa, maupun ilegal. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan oleh BPOM sebagai upaya untuk memberikan perlindungan terhadap hak pangan yang sehat bagi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data melalui studi lapangan dengan wawancara dan studi pustaka dengan analisis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive non random sampling. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa pengawasan produk pangan kemasan diatur dalam peraturan umum tentang pangan maupun kesehatan, dan peraturan pelaksanaan meliputi standar keamanan pangan, pendaftaran pangan untuk mendapatkan izin edar, tugas dan fungsi BPOM, dan pengawasan dengan penilaian produk pangan. Pelaksanaan pengawasan terhadap produk pangan kemasan oleh Balai Besar POM Semarang dan Dinas Kesehatan Kota Semarang sudah berjalan dengan baik melalui kegiatan pencegahan (pengawasan preventif) maupun penindakan (pengawasan represif) sesuai dengan Undang-Undang Pangan dan Undang-undang Kesehatan. Pelaksanaan pengawasan secara preventif dilakukan dengan penilaian terhadap produk untuk memastikan keamanan, dan mutu produk dengan mengeluarkan Izin edar, melakukan standarisasi, pembinaan dan audit CPPOB serta penilaian dan pengujian atas mutu keamanan sebelum produk di edarkan. Pelaksanaan pengawasan represif dilakukan dengan cara mengawasi produksi dan distribusi, pemeriksaan sampel dan public warning serta penyitaan barang bukti, pemusnahan, dan pemberian sanksi administrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 05 May 2021 04:41
Last Modified: 19 May 2021 02:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24738

Actions (login required)

View Item View Item