Literasi Kegiatan Perpustakaan UNIKA Soegijapranata dengan Game Virtual Reality Berbasis Oculus Go

Budiman, Ricky Ardi (2020) Literasi Kegiatan Perpustakaan UNIKA Soegijapranata dengan Game Virtual Reality Berbasis Oculus Go. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.N2.0002_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
16.N2.0002_BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2)
16.N2.0002_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 3)
16.N2.0002_BAB 3.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 4)
16.N2.0002_BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16.N2.0002_BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.N2.0002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.N2.0002_LAMPIRAN.pdf

Download (508kB)

Abstract

Zaman sekarang ini perkembangan game sangatlah pesat mulai dari jenis game, tujuan pembuatan, hingga teknologi yang digunakan sebagai media untuk menjalankan game tersebut. Salah satu contoh teknologi yang digunakan adalah Virtual Reality, teknologi ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk merasakan suatu lingkungan secara virtual. Virtual Reality dikembangkan oleh beberapa perusahaan ternama salah satunya adalah Oculus Go. Dengan adanya teknologi tersebut perpustakaan ingin menciptakan sebuah game Virtual Reality literasi berbasis Oculus Go yang memiliki interaksi yang baik digunakan sebagai alat untuk literasi informasi, selain itu dengan game ini perpustakaan bisa mendapat data sebagai pertimbangan bahan evaluasi materi untuk kegiatan perpustakaan lainnya seperti “Roadshow”. Metode pembuatan game dilakukan melalui beberapa tahap antara lain adalah mendiskusikan bentuk atau rancangan game yang diharapkan kepala perpustakaan dengan programmer, setelah menemukan rancangan game yang diharapkan kemudian dibuatlah alur permainan menggunakan flowchart untuk memperjelas bagaimana jalannya game tersebut, setelah rancangan game dan alur game sudah jelas kemudian dibuatlah game Virtual Reality berbasis Oculus Go dengan menggunakan game engine Unity 3D. Setelah tahap pembuatan game selesai dan game dianggap berfungsi sesuai dengan keinginan dilakukan wawancara dan pengujian game terhadap kepala perpustakaan dan empat staff perpustakaan, dari hasil pengujian dan wawancara dapat disimpulkan bahwa game memiliki daya tarik yang baik dengan teknologi yang digunakan serta memberi literasi informasi seputar kegiatan perpustakaan UNIKA Soegijapranata, selain itu pustakawan dapat menemukan data data mengenai kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai bahan evaluasi ketika roadshow maupun memberikan materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:58
Last Modified: 23 Apr 2021 03:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24524

Actions (login required)

View Item View Item