RANCANG BANGUN GAME SEJARAH PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG

Christianto, Jo Andika (2020) RANCANG BANGUN GAME SEJARAH PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.07.0021_COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
13.07.0021_BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
13.07.0021_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
13.07.0021_BAB 3.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
13.07.0021_BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
13.07.0021_BAB 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0021_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.07.0021_LAMPIRAN.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Pada masa ini teknologi berkembang dengan pesat, tetapi dibalik pesatnya perkembangan teknologi, pembelajaran tentang sejarah semakin tidak diminati karena dianggap membosankan dan sangat disayangkan karena pembelajaran tentang sejarah mempunyai peran penting dan potensi yang besar dalam mengembangkan pendidikan karakter. Sejarah tentang “Pertempuran Lima hari di Semarang” sudah banyak dilupakan oleh masyarakat, terutama masyarakat Semarang itu sendiri, maka dari itu penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang dan membangun sebuah game yang berfungsi sebagai sarana/media edukasi untuk menambah minat belajar dalam mempelajari kejadian sejarah tentang peristiwa “Pertempuran Lima Hari di Semarang”. Game ini dirancang menggunakan konsep game bergenre arcade yang dipadu dengan genre quis sehingga tidak hanya mendapat kesenangan bermain tetapi pemain juga mendapat edukasi sejarah melalui game tersebut, game yang dirancang dan dibangun mempunyai dua macam variasi gameplay, gameplay yang pertama menggunakan sensor accelerometer dan yang kedua platformer dimainkan menggunakan tombol, setiap gameplay memiliki tiga level yang mempunyai cerita, tingkat kesulitan dan pertanyaan yang berbeda. Setelah dilakukan pengujian pada 30 responden maka dapat dibuktikan bahwa game ini dapat memberikan edukasi sejarah tentang “Pertempuran Lima Hari di Semarang” dan menambah minat belajar karena dilakukan dengan bermain game sehingga tidak menimbulkan rasa bosan ketika belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:56
Last Modified: 23 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24503

Actions (login required)

View Item View Item