Game Edukasi Matematika Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Novaryan, Jeremy Albert (2020) Game Edukasi Matematika Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.07.0007_COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB 1)
13.07.0007_BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2)
13.07.0007_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB 3)
13.07.0007_BAB 3.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 4)
13.07.0007_BAB 4.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB 5)
13.07.0007_BAB 5.pdf

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.07.0007_LAMPIRAN.pdf

Download (167kB)

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran wajib yang dirasakan oleh semua orang yang berkesempatan untuk sekolah. Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran ini. Hal tersebut terbukti dengan survei yang dilakukan oleh PISA bahwa kurang dari 1 persen siswa Indonesia yang memiliki kemampuan matematika diatas rata – rata. Disisi lain perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut bidang pendidikan untuk terus berbenah. Salah satunya adalah inovasi media pembelajaran seperti game, aplikasi, video, audio, dan lain – lain. Inovasi media pembelajaran yang telah ada dapat dikombinasikan dengan perkembangan teknologi lainnya contohnya adalah online (daring). Sistem daring ini sudah banyak diaplikasikan ke kehidupan saat ini dengan contoh adalah sudah dapat bertegur sapa melalui voice/video call, banyak game konvensional menggunakan sistem daring. Ini adalah peluang besar bagi bidang pendidikan untuk melakukan gabungan inovasi antara game dan daring. Dengan melihat peluang diatas maka pembelajaran tentang pelajaran matematika dapat dilakukan dengan memanfaatkan media game dan daring. Salah satunya adalah game “Ayo Hitung” yang dibuat dengan konsep edukasi tentang operator matematika, soal cerita, statistik, dan FPB/KPK. Game edukasi ini dikemas dalam mode permainan kuis dengan sistem daring yang menarik dan gameplay yang menyenangkan. Hal tersebut tercemin saat pengujian game pada 40 siswa anak kelas 6 SD di kota Cirebon menujukkan bahwa game “Ayo Hitung” menyenangkan dan anak merasa terlibat saat memainkan game “Ayo Hitung”. Efeknya adalah anak terbiasa dengan model game edukasi berbasis daring untuk membantu mengerti pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:56
Last Modified: 23 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item