BANGUNAN PENDIDIKAN MUSIK BERKURIKULUM ABRSM DI SEMARANG

BUDIARJO, SOPHIA TERESA (2021) BANGUNAN PENDIDIKAN MUSIK BERKURIKULUM ABRSM DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-COVER_a.pdf

Download (623kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB I_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB III_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB IV_a.pdf

Download (444kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB V_a.pdf

Download (422kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB VI_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-BAB VII_a.pdf

Download (767kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-DAPUS_a.pdf

Download (397kB)
[img] Text
16.A1.0018-SOPHIA TERESA BUDIARJO-LAMP_a.pdf

Download (642kB)

Abstract

Musik berada diseluruh aspek kehidupan manusia. Pendidikan musik non-formal adalah pilihan terbaik bagi anak – anak sejak usia dini hingga orang dewasa sebagai hobi maupun pencapaian dalam hal kesenian. Bangunan pendidikan musik ini direncanakan untuk memberikan pengalaman terbaik dalam pembelajaran musik klasik. Untuk mencapai kriteria terbaik ini, standar pembelajaran yang digunakan adalah kurikulum ABRSM (Associated Board of The Royal School of Music). Standar pembelajaran yang diterapkan ABRSM telah diuji dan dipertanggungjawabkan oleh empat perguruan musik klasik di Inggris. Sehingga seluruh materi pembelajaran sudah dipilih secara khusus oleh professional pada bidnag pendidikan musik. Kurikulum ABRSM sangat diminati di Kota Semarang tanpa adanya fasilitas yang cukup dan memadai untuk menjadikan proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tidak lepas dari standar pembelajaran, ruang yang digunakan dalam pembelajaran perlu mendukung aktivitas belajar mengajar yang terjadi dalam segi kenyamanan thermal dan keleluasaan. Pusat perhatian dalam perancangan akan menitik beratkan pada sisi akustik ruang yang dipengaruhi oleh jenis instrumen yang akan dimainkan di dalam ruang dan jumlah pengguna. Variabel bebas yang dipengaruhi oleh jenis instumen sebagai variabel tetap adalah luas ruang, bahan penutup permukaan ruang, dan kebutuhan pengedapan pada ruang. Pengukuran ini seterusnya dilakukan dengan penerapan beberapa rumus akustik ruang untuk menghindari adanya frekuensi bunyi yang bermasalah, menghindari terjadinya ruang mati dan gema, dan kebisingan yang merambat masuk ke dalam ruang. Dengan diselesaikannya laporan ini, saya, sebagai mahasiswa arsitektur dan pengajar musik klasik berharap untuk mendapatkan pengukuran dan penerapan perhitungan akustik dalam perancangan bangunan pendidikan musik dengan kurikulum ABRSM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 727 Buildings for education & research
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:05
Last Modified: 14 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item View Item