Pengaruh Green Product, Servicescape dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Berbasis Alam Sekitar di Kabupaten Semarang

HARCAHYO, BOWO and SUCIARTO, ATHANASIUS SENTOT and KUSDIARTINI, VERONICA Pengaruh Green Product, Servicescape dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Berbasis Alam Sekitar di Kabupaten Semarang. Project Report. Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Proposal Penelitian Pengaruh Green Product, Servicescape dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Berbasis Alam Sekitar di Kabupaten Semarang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
LAPORAN PENEL - GREEN PRODUCT ECT.docx

Download (282kB)

Abstract

Konsumen restoran atau resto akan memilih dan mengunjungi resto apabila merasa puas, terlayani dengan baik dan mendapatkan apa yang dia butuhkan pada restoran tersebut. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh kualitas layanan, green product dan servicescape terhadap kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh green product, servicescape dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Berbasis Alam Sekitar. Upaya restoran dalam upaya menjaga kepuasan konsumen tersebut tidak terlepas dari kualitas layanan yang diberikan oleh resto. Selain itu konsumen dalam kunjungan ke restoran tidak hanya menikmati kuliner saja, melainkan juga menikmati servicescape atau pemandangan alam sekitar resto. Restoran Kampoeng Rawa di Ambarawa merupakan resto di tengah hamparan sawah dan menjorok ke tengah Rawapening dan berada di atas air. Pemandangan di tengah rawa dan air membuat suasana resto yang menarik bagi pengunjung. Penelitian ini merupakan survey konsumen pengunjung restoran Kampoeng Rawa yang menikmati kuliner dan alam sekitar restoran. Berdasar quota accidental sampling, ditetapkan 60 responden konsumen yang makan di restoran Kampoeng Rawa selama bulan Maret 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kualitas layanan, dan servicescape terhadap kepuasan konsumen restoran. Green product tidak mempunyai pengaruh signifikan. Selanjutnya manajemen jasa restoran yang sustainable akan berdampak pada kontribusinya terhadap ekonomi pemilik swasta, pemilik BUMDES dan masyarakat sekitar yang menjadi pegawai. Restoran yang dikelola dengan memperhatikan kualitas layanan dan suasana sekitar yang menarik mampu menimbulkan kepuasan bagi para konsumen restoran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: Mrs Rikarda Ratih
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:19
Last Modified: 05 Aug 2021 13:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23560

Actions (login required)

View Item View Item