Pengaruh Employee Stock Option Program Pada Manajemen Laba dan Kinerja Perusahaan Serta Dampak Struktur Modal Sebagai Moderasi :Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

CHANDRA, DEBBY (2015) Pengaruh Employee Stock Option Program Pada Manajemen Laba dan Kinerja Perusahaan Serta Dampak Struktur Modal Sebagai Moderasi :Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.60.0084 Debby Chandra COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.60.0084 Debby Chandra BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
11.60.0084 Debby Chandra BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
11.60.0084 Debby Chandra BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
11.60.0084 Debby Chandra BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB V)
11.60.0084 Debby Chandra BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.60.0084 Debby Chandra DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.60.0084 Debby Chandra LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perusahaan dimiliki oleh prinsepal dan dikelola oleh agen yang menyebabkan adanya hubungan keagenan. Adanya pemisahan agen dan prinsepal menyebabkan terjadinya konflik agensi. Salah satu cara yang tepat untuk meredam konflik agensi adalah dengan memberikan kompensasi. Salah satu jenis kompensasi yang diberikan berupa program opsi saham karyawan (Employee Stock Option Program) atau yang disingkat ESOP. ESOP merupakan cara yang dilakukan perusahaan untuk memberi kesempatan bagi karyawan dalam memiliki saham perusahaan tempatnya bekerja. Stock option yang diberikan perusahaan akan membuat karyawan memiliki sense of belonging atau rasa memiliki terhadap perusahaan, sehingga kinerja perusahaan juga akan meningkat. Selain meningkatkan kinerja perusahaan, manajemen juga akan melakukan manajemen laba. Hal itu disebabkan karena perusahaan akan berusaha menaikan kinerja perusahaan sehingga laba tinggi dan harga saham yang mereka miliki juga ikut naik. Struktur modal juga memperlemah pengaruh proporsi opsi saham karyawan terhadap kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris ESOP mempengaruhi manajemen laba dan kinerja perusahaan serta dampak struktur modal terhadap pengaruh ESOP pada kinerja,dan juga apakah ada perbedaan kinerja sebelum dan setelah ESOP. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 perusahaan yang melakukan ESOP dari tahun 2000 hingga 2011. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dan uji beda. variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya proporsi ESOP sebagai variable yang mempengaruhi, struktur modal yang diproksikan dengan DER sebagai variable moderasi dan manajemen laba dan kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA, ROE, CR, TATO, dan EPS sebahagai variable dipengaruhi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ESOP berpengaruh negaif terhadap manajemen laba. Selain itu juga membuktikan bahwa ESOP berpengaruh positif terhadap ROA, ROE, CR, TATO dan EPS. Hasil pengujian juga membuktikan bahwa DER memperlemah pengaruh ESOP terhadap ROA, ROE dan EPS. Hal lain yang dibuktikan dari penelitian ini adalah bawa tidak terdapat perbedaan kinerja sebelum maupun setelah ESOP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Aug 2015 01:16
Last Modified: 14 Oct 2016 04:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item