Preferensi UMKM Terhadap Penggunaan Fintech: Pendekatan Hierarchy Of Effect Model

SUSILOWATI, MG. WESTRI KEKALIH and Wahyuningdyah, Retno Yustini (2020) Preferensi UMKM Terhadap Penggunaan Fintech: Pendekatan Hierarchy Of Effect Model. In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FORUM MANAJEMEN INDONESIA (FMI) KORWIL D.I. YOGYAKARTA “Bounce Back Stronger: Strategi Resiliensi Sektor UMKM di Masa Pandemi”. KORWIL D.I. YOGYAKARTA.

[img] Text
prosiding FMI Yogya 24.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://fmi.or.id/2020/09/09/webinar-call-papers-s...

Abstract

Layanan keuangan dan cara bertransaksi yang berbasis teknologi informasi mengal;ami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi informasi (TI), Financial Technology (Fintech) hadir sebagai alternatif media transaksi bagi masyarakat, baik sebagai pembeli maupun penjual. Karena fintech memiliki baerbagai macam keunggulan dibandingkan dengan kehadiran uang secara fisik, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memanfaatkannya untuk mewujudkan keuangan yang inklusif. Salah satu kelompok sasaran pemanfaatan fintech adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Fintech diharapkan mampu mengurangi hambatan-hambatan transaksi dan meningkatkan akses UMKM terhadap layanan keuangan sehingga bisnisnya semakin berkembang. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam menggunakan fintech, salah satu yang utama adalah kebiasaan. Hal demikian akan mempengaruhi preferensi untuk menggunakan fintech karena dimungkinkan terdapat resistensi dalam untuk beralih dari transaksi tunai ke transaksi menggunakan fintech. Dengan pendekatan Hierarchy of Effect Model, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi UMKM terhadap penggunaan fintech. Hasil menunjukan bahwa pelaku UMKM memilki kesadaran, pengetahuan, kesukaan, preferensi, keyakinan dan minta berperilaku untuk menggunakan fintecch yang tinggi. Namun, secara terperinci kesadaran, pengetahuan dan pemahaman mengenai istilah fintech, bank tanpa kantor cabang dan LAKU PANDAI cenderung sangat rendah. Oleh karena itu, dalam rangka implementasi keuangan inklusi dengan fintech, Bank Indonesia dan OJK perlu mengembangkan sistem edukasi dengan pola komunikasi yang efektif dengan pendekatan pola komunikasi kelompok dengan tatap muka.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 330 Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Banks
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Money
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms MG. Westri Kekalih
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:53
Last Modified: 06 Feb 2021 04:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item View Item