PSIKOEDUKASI BAGI ORANGTUA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI ANAK GIFTED CERDAS ISTIMEWA

Widyorini, Endang and Roswita, M. Yang and PRIMASTUTI, EMILIANA and WIJAYA, DANISWARA AGUSTA PSIKOEDUKASI BAGI ORANGTUA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI ANAK GIFTED CERDAS ISTIMEWA. Project Report. Fakultas Psikologi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
laporan rediliensi gifted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak cerdas istimewa merupakan istilah yang ditujukan bagi anak-anak dengan kecerdasan yang berada di atas rata-rata anak seusianya (VanTiel dan Widyorini, 2014). Kata “cerdas istimewa” hingga saat ini pada kenyataannya masih belum akrab didengar oleh masyarakat umum, baik guru maupun orangtua. Hal tersebut membuat banyak orang masih sulit dalam memahami profil anak gifted dari aspek kecerdasan, cara belajar, kepribadian yang perfeksionis, bahkan tahapan perkembangannya yang penuh dengan pola yang unik. Stenberg (2004) menyatakan bahwa sesungguhnya anak-anak gifted memiliki peluang yang lebih tinggi untuk berprestasi jika dibandingkan teman sebayanya yang tipikal, namun perlu didukung pengenalan dan pemahaman lebih mengenai pengoptimalan kemampuannya yang di atas rata-rata ini. Pola kerpibadian anak gifted yang perfeksionis membuat mereka sulit untuk menerima kegagalan dan cenderung mengalami emosi sedih/marah yang berkepanjangan dalam melalui suatu masalah/kesulitan. Hal tersebut disebabkan juga disebabkan oleh kurangnya kemampuan anak-anak gifted untuk mengelola stres sehingga kesulitan untuk melalui peristiwa yang sulit. Ketika anak-anak gifted mengalami masalah, umumnya orangtua mengamati bahwa rasa sedih ini akan berkelanjutan dan beberapa yang tidak berhasil ditangani akan berujung pada ketakutan anak gifted untuk mencoba mempelajari hal baru dan atau yang mereka anggap sulit. Jadi ada kecenderungan memiliki problem yang berhubungan dengan resiliensi.Maureen Neihart (dalam Kerr, 2016) mencatat bahwa terdapat banyak karakteristik pada anak gifted yang juga ditemukan pada individu yang resilien. Intervensi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orangtua tentang pendekatan-pendekatan pendampingan orangtua sehingga dapat mendukung pengembangan resiliensi pada anak gifted. Dalam intervensi ini yang menjadi target perilaku adalah orangtua mampu mengidentifikasi kondisi resiliensi anak, mengenali karakteristik anak gifted yang dapat mendukung resiliensi, serta membuat rancangan pengasuhan resiliensi yang cocok dengan karakteristik anak. Psikoedukasi telah dilakukan kepada orangtua komunitas PSGGC yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu tahap I. Analisa kebutuhan dengan bentuk Parenting 1 (Perkenalan, Analisa kebutuhan, sharing permasalahan dan termasuk Penawaran pada orangtua untuk terlibat Psikoedukasi dan pengisian Informed Consent; tahap II. memberikan pengertian tentang perkembangan resiliensi, faktor keluarga sebagai support system terhadap perkembangan resiliensi anak), tahap III. Pemberian materi dan tugas di rumah, yang tujuannya agar orangtua mampu mengidentifikasi karakteristik anak gifted dan dapat memperkuat dan menghambat resiliensi. Orangtua mampu mengerti peran pengasuhan dalam perkembangan resiliensi anak. Orangtua mampu mengerti beberapa pendekatan untuk membantu peningkatan resiliensi anak. Tahap IV. Orangtua mampu membuat rencana singkat tentang apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan resiliensi anak. Dan tahap V adalah Evaluasi, Sharing, dan tanya jawab. Psikoedukasi yang diberikan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman pada orangtua yang menjadi peserta psikoedukasi ini. Pada Tahap IV bahkan beberapa orangtua menyampaikan telah berhasil melakukan rancangan yang dibuat dengan anaknya untuk meningkatkan resiliensi anak. Kata Kunci : Anak Gifted, Resiliensi, Parenting

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Ms Endang Widyorini
Date Deposited: 08 Feb 2021 21:32
Last Modified: 05 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23490

Actions (login required)

View Item View Item