Analisis Budaya Organisasi Pada Coffeeshop Atlas n Co Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI)

Elyadi, Rudi and Putra, Adetama Hadi (2020) Analisis Budaya Organisasi Pada Coffeeshop Atlas n Co Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Jurnal PRAXIS, 3 (1). pp. 1-22.

[img] Text (jurnal)
2822-8117-2-PB.pdf

Download (316kB)

Abstract

Coffeeshop saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya di kota metropolitan seperti kota Semarang. Semakin banyaknya coffeeshop membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Budaya organisasi menjadi salah satu peran penting dalam strategi manajemen sumber daya manusia dan membuat sebuah coffeeshop memiliki ciri khas yang kuat dalam upaya memenangkan persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya organisasi yang dirasakan saat ini dan budaya organisasi yang diharapkan pada coffee shop. Dalam proses pengukuran dan analisisnya, peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Peneliti secara khusus memilih sebuah coffeeshop untuk subjek penelitian ini yaitu coffeeshop Atlas n Co. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang merupakan karyawan Atlas n Co. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi yang saat ini dirasakan dengan budaya organisasi yang diharapkan memiliki hasil yang sama yaitu budaya Clan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Atlas n Co dalam upaya mempertahankan budaya organisasi yang saat ini sudah dimiliki agar mampu bersaing dengan coffeeshop lain.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:51
Last Modified: 01 Feb 2021 08:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23462

Actions (login required)

View Item View Item