PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENGENALAN PRODUK, PERLUASAN PASAR DAN PERBAIKAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA USAHA CATERING SNACKQ DI KELURAHAN BERINGIN, KECAMATAN NGALIYAN, KOTA SEMARANG

KUSDIARTINI, VERONICA and WIBOWO, BONIFATIUS JUNIANTO and Anugraheni, Dyah Titisari and Rahutami, Angelina Ika PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENGENALAN PRODUK, PERLUASAN PASAR DAN PERBAIKAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA USAHA CATERING SNACKQ DI KELURAHAN BERINGIN, KECAMATAN NGALIYAN, KOTA SEMARANG. Project Report. 0. (Unpublished)

[img] Text
Proposal Pengabdian Masy Snack Q.doc

Download (26MB)

Abstract

Usaha SnackQ merupakan usaha catering yang sudah berjalan 25 tahun. Penjualan dilakukan berdasarkan pesanan (by order). Sebagian besar pelanggannya adalah dari instansi pemerintah. Sedangkan, lainnya berasal dari luar pemerintah. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah produk snack yang masih terbatas, permintaan menurun serta catatan administrasi masih sederhana. Solusi yang akan dilakukan terhadap permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, untuk bidang produksi berupa pengenalan aneka produk snack (makanan kecil), bidang pemasaran berupa pembentukkan jaringan pasar dan bidang masih terbatas (bidang produksi), pelanggan menurun (bidang pemasaran) dan bidang administrasi keuangan berupa pendampingan pembuatan catatan pembukuan yang benar. Sementara, metode yang akan dipergunakan dalam menyelesaikan masalah adalah dibidang produki melalui obervasi serta diskusi dengan mitra terkait produk makanan (snack), yang diikuti dengan pengenalan produk makanan tradisional yang digemari masyarakat. Kemudian, di bidang pemasaran dilakukan melalui diskusi dengan mitra untuk mengetahui kondisi pasar sekarang, yang diikuti dengan pembuatan katalog dan brosur, yang akan dipergunakan dalam pembentukkan jaringan pasar (perluasan pasar). Sedangkan, di bidang administrasi keuangan, dilakukan dengan terlebih dahulu mengobservasi dan melihat catatan keuangan, yang diikuti pendampingan dalam membuat catatan akuntansi sederhana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics > Small Business
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 29 Jan 2021 11:02
Last Modified: 29 Jan 2021 11:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item View Item