PENERAPAN ASAS PENGHARGAAN TERHADAP HAK BERPENDAPAT ANAK DALAM PUTUSAN PENGADILAN TENTANG HAK PEMELIHARAAN DAN MENDIDIK ANAK ( STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG)

HADIYONO, VENATIUS and SARASWATI, RIKA and CAROLINA, ANITA and ANGELIA, JAUW and Febriyanto, Jordan (2016) PENERAPAN ASAS PENGHARGAAN TERHADAP HAK BERPENDAPAT ANAK DALAM PUTUSAN PENGADILAN TENTANG HAK PEMELIHARAAN DAN MENDIDIK ANAK ( STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG). Project Report. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN HAK BERPENDAPAT ANAK.doc

Download (419kB)
[img] Text
ST Penelitian.pdf

Download (112kB)

Abstract

Hak berpendapat anak menjadi hal yang sangat penting untuk didengarkan oleh orang dewasa atau pemerintah ketika orangtua berselisih di pengadilan dalam menentukan hak asuh anak. Menjadi tugas hakim untuk menetapkan hak memelihara dan mendidik anak dan kepada siapa anak akan tinggal, akan tetapi sebelum membuat putusan atau menetapkan maka hakim memiliki kewajiban untuk mendengarkan pendapat anak. Untuk mengetahui lebih jauh pelaksanaan hak ini maka dilakukan penelitian tentang Penerapan Asas Penghargaan Terhadap Hak Berpendapat Anak Dalam Penetapan Pengadilan tentang Hak pemeliharaan dan mendidik Anak di Pengadilan Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis (empiris). Berdasarkan putusan yang diteliti, ada tiga pertimbangan hukum yang digunakan hakim dalam menetapkan hak pemeliharaan dan mendidik anak yaitu: keterangan saksi, usia anak ang belum dewasa dan kedekatan hubungan antara anak dengan salah satu orangtua. Faktor yang menjadi hambatan dalam penyampaian pendapat anak di persidangan: anak belum mampu diajak berkomunikasi, masalahnya sangat bersifat pribadi, terbatasnya hakim yang mampu berkomunikasi dengan anak

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms Rika Saraswati
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 07 Jan 2021 04:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item