OPTIMALISASI MEDIA ONLINE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PEMASARAN UMKM DI SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

PASARIBU, ROTUMIAR OPTIMALISASI MEDIA ONLINE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PEMASARAN UMKM DI SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komunikasi dan Media. ISSN 2746-8364

[img]
Preview
Text
Jurnal Komunikasi dan Media Rotumiar.pdf

Download (514kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848

Abstract

Masa pandemi Covid-19 menjadi masa yang sulit bagi beberapa aspek termasuk dunia pemasaran. Hal tersebut juga dirasakan oleh para pelaku usaha UMKM. Melalui pendampingan bagi beberapa mitra pada Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran maka penting untuk mencari tahu apakah penggunaan media online dapat membantu pertahanan dan perjalanan hidup UMKM. Tolok ukur yang digunakan untuk mencari tahu ketepatan penggunaan media online dapat dilihat dari segi mode transmisi, waktu, konteks, format dan reception. Responden yang menjadi mitra penelitian adalah para pelaku UMKM yang baru menjalankan usahanya dan belum memiliki mode pemasaran yang stabil. Selain itu, pemilihan responden juga dilihat dari merosotnya penjualan selama masa pandemi Covid-19 ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online memberikan dapak positif bagi stabilitas kehidupan usaha. Kombinasi dari mode transmisi, waktu, konteks dan format yang tepat pada media online ini menghasilkan dampak positif pada timbal balik, baik dari segi proses komunikasi maupun dari peningkatan penjualan. Selain itu alat komunikasi pemasaran seperti periklanan, direct marketing, sales promotion, E-WOM dan public relations dapat tetap diorganisir dengan menggunakan media online. Alat pemasaran yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan direct marketing dan sales promotion. Meskipun demikian, para pelaku usaha mengaku bahwa pesan promosi pemasaran masih terdampak lebih besar jika dilakukan dengan tatap muka langsung. Kata kunci: UMKM, media online, promosi pemasaran, pandemi Covid-19

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Rotumiar Pasaribu
Date Deposited: 23 Dec 2020 00:43
Last Modified: 02 Apr 2022 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23147

Actions (login required)

View Item View Item