KOMITMEN PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENGHAPUSAN DISKRIMINASI RASIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI INTERNATIONAL CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF RACIAL DISCRIMINATION (STUDI KASUS DISKRIMINASI TERHADAP MASYARAKAT PAPUA)

Trimulya, Lauw, Leonardo Chandra (2020) KOMITMEN PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENGHAPUSAN DISKRIMINASI RASIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI INTERNATIONAL CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF RACIAL DISCRIMINATION (STUDI KASUS DISKRIMINASI TERHADAP MASYARAKAT PAPUA). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-BAB I_a.pdf

Download (474kB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-BAB III_a.pdf

Download (645kB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-BAB IV_a.pdf

Download (223kB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-DAPUS_a.pdf

Download (451kB)
[img] Text
16C10014-Lauw, Leonardo-LAMP_a.pdf

Download (555kB)

Abstract

Pengesahan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1999 tentang Pengesahan International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination 1965 merupakan bentuk pernyataan komitmen dari Indonesia untuk menerima segala hak dan kewajiban yang diberikan oleh ICERD dan mengimplementasikan nilai-nilai yang dikandung dalam pasal-pasalnya. Maka dari itu, dengan kontrasnya pernyataan Indonesia untuk mengaksesi ICERD dan segala kasus diskriminasi rasial yang terjadi di Indonesia, dilakukanlah penelitian dengan judul “Komitmen Pemerintah Indonesia dalam Penghapusan Diskriminasi Rasial sebagai Bentuk Implementasi International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination (Studi Kasus Diskriminasi terhadap Masyarakat Papua)” dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ICERD mengatur mengenai penghapusan diskriminasi rasial dan sejauh mana Pemerintah Indonesia telah mengimplementasikan hak dan kewajiban yang dikandung oleh ICERD serta bagaimana implementasi yang dilakukan pemerintah Indonesia terhadap kasus diskriminasi yang dihadapi Masyarakat Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif untuk meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang berhubungan dengan permasalahan mengenai implementasi ICERD. Penelitian dilakukan dengan menelusuri sumber-sumber hukum terkait seperti konvensi internasional dan undang-undang, serta bahan pustaka lain seperti literatur-literatur yang terkait dengan permasalahan diskriminasi rasial. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan maka ditemukan kesimpulan bahwa Diskriminasi rasial menurut ICERD adalah segala pembedaan, pengecualian, pembatasan, atau preferensi berdasarkan ras, warna kulit, keturunan, atau asal-usul kebangsaan atau etnis yang memiliki tujuan atau efek menghapuskan atau mengurangi pengakuan, perolehan, atau pelaksanaan, atas dasar kesetaraan, hak asasi manusia dan kebebasan mendasar dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, atau bidang kehidupan publik lainnya. ICERD menggambarkan tindakan diskriminasi rasial sebagai tindakan yang menjauhkan dunia dari hubungan harmonis antar negara dan manusia, maka dari itu ICERD memberikan kewajiban pada negara pihak untuk menghapuskan segala bentuk dari tindakan diskriminasi rasial. Indonesia sebagai negara yang terikat oleh ICERD telah mengimplementasikan kewajiban-kewajiban yang dikandung oleh ICERD dalam peraturan perundang-undangan Indonesia tetapi untuk pemberlakuan dan penegakan hukum di realita masyarakat masih kurang. Penerapan hukum yang kurang tersebut dapat dibuktikan dengan masih terdapatnya kasus diskriminasi yang terjadi pada masyarakat Papua dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:23
Last Modified: 05 Jan 2021 06:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23109

Actions (login required)

View Item View Item