Pelatihan Pengolahan Jambu Biji menjadi Produk Bernilai Ekonomi pada Ibu Rumah Tangga Desa Getasblawong Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal

Nilamsari, M. Devitia Putri and Meiliana, Meiliana and Pratiwi, Alberta Rika (2020) Pelatihan Pengolahan Jambu Biji menjadi Produk Bernilai Ekonomi pada Ibu Rumah Tangga Desa Getasblawong Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal. Sendimas 2020, 5 (1). pp. 268-271. ISSN 2541-559X (p-ISSN), 2541-3805 (e-ISSN)

[img] Text (PROSIDING, SURAT TUGAS DAN ANTI PLAGIASI)
PROSIDING FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/sendimas2020

Abstract

Desa Getasblawong adalah salah satu desa di Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Mayoritas warga bekerja sebagai petani yang umumnya dilakukan oleh warga laki-laki, sedangkan warga perempuan berperan di pekerjaan rumah tangga dan berjualan di warung atau toko di depan rumah. Salah satu sumber daya alam yang melimpah di Desa Getasblawong dari sektor perkebunan adalah jambu biji. Hasil produksi jambu biji tersebut akan dikonsumsi masyarakat sendiri atau dijual langsung tanpa pengolahan lebih lanjut kepada tengkulak atau ke pasar terdekat, yaitu Pasar Sukorejo. Melalui kegiatan cooking demo, penyuluhan, diskusi mengenai kandungan gizi, pengolahan produk jambu biji, serta penyuluhan mengenai perencanaan Pendahuluan merupakan penjelasan lebih rinci dari dibahas di bagian abstrak di atasdan analisis keuangan bisnis pangan, diharapkan warga Desa Getasblawong mampu mengolah jambu biji dengan baik dan benar sehingga menjadi produk bernilai ekonomi tinggi dan melakukan perencanaan serta analisis keuangan bisnis pangan. Dengan demikian nilai produk berbahan baku jambu biji dapat meningkat. Peserta yang merupakan ibu rumah tangga di Desa Getasblawong menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa sangat berminat mengolah jambu biji tersebut menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Penyuluhan mengenai pemasaran produk masih diperlukan di kegiatan serupa selanjutnya oleh para peserta. Kata Kunci—Pelatihan Pengolahan Jambu Biji, Produk Bernilai Ekonomi, Desa Getasblawong.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Ms Devitia Putri Nilamsari
Date Deposited: 07 Dec 2020 09:40
Last Modified: 28 Dec 2020 03:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22957

Actions (login required)

View Item View Item