Pengukuran Kesiapan Literasi Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pelaporan Pajak Elektronik

Nilamsari, M. Devitia Putri and Adriani, Alexandra and Matitaputty, Shandy Jannifer (2020) Pengukuran Kesiapan Literasi Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pelaporan Pajak Elektronik. Perspektif Akuntansi, 3 (2). ISSN 2623-0194 (print) 2623-0186 (online)

[img] Text (HASIL CEK PLAGIASI JURNAL PERSI "PENGUKURAN KESIAPAN LITERASI DIGITAL UMKM TERHADAP PELAPORAN PAJAK ELEKTRONIK")
hasil cek plagiasi perspektif.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (HASIL PEER REVIEW JURNAL PERSI)
peer review jurnal persi.pdf - Other

Download (1MB)
[img] Text (SURAT TUGAS DAN DAFTAR ISI JURNAL)
ST dan daftar isi jurnal.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (JURNAL PERSPEKTIF AKUNTANSI)
jurnal nasional.pdf - Published Version

Download (389kB)
Official URL: https://ejournal.uksw.edu/persi

Abstract

Abstrak. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini dihadapkan dengan pelaporan pajak yang mulai mewajibkan Wajib Pajak untuk melaporkan pajaknya secara elektronik. Kemampuan digital UMKM diduga memberikan pengaruh terhadap kewajiban administratif yang mana termasuk kewajiban pelaporan pajak UMKM. Penelitian ini bermaksud mengukur kesiapan literasi digital UMKM terhadap pelaporan pajak elektronik di Kota Semarang yang dilihat dari profil literasi digital UMKM dan ada tidaknya korelasi antara literasi digital dengan pelaporan pajak elektronik mereka. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan subjek UMKM yang tergabung dalam Womanpreneur Community (WPC) Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaku UMKM yang tergabung dalam kelompok WPC, literasi digital memiliki korelasi yang lemah terhadap kesiapan pelaporan pajak secara elektronik. Minat para pelaku UMKM yang tergabung dalam kelompok WPC untuk melaporkan kewajiban pajak secara elektronik berkorelasi lemah dengan kemampuan teknis mereka dalam menggunakan komputer. Hal ini membuktikan bahwa faktor kemampuan teknis tidak menjadi penghalang bagi para responden untuk memenuhi kewajiban perpajakan secara elektronik. Kata kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Literasi Digital, Pelaporan Pajak Elektronik

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Ms Devitia Putri Nilamsari
Date Deposited: 07 Dec 2020 12:28
Last Modified: 28 Dec 2020 02:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item