Pengaruh CSR Terhadap OCBE dengan variavel Intervening Komitmen Organisasional Karyawan Perusahaan Manufaktur di JAwa Tengah

Irmawati, Bernadeta and Retnawati, Berta Bekti and NUGRAHANINGSIH, TRI HARDJANTI (2019) Pengaruh CSR Terhadap OCBE dengan variavel Intervening Komitmen Organisasional Karyawan Perusahaan Manufaktur di JAwa Tengah. In: seminar nasional call for papers dan pengabdian masyarakat. (Unpublished)

[img] Text
58719860162019G1_PEMAKALAH LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
58719860162019G1_Proseding FMI -Irma1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unika.ac.id/22072/2/Proseding%20...

Abstract

Tujuan studi ini untukmengetahui pengaruh CSR terhadap OCBE dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening karyawan perusahaan jasa dan manufaktur dikota Semarang. Studi ini didasarkan pada pendekatan Teori Identitas Sosial dan Teori Pertukaran Sosial. Salah satu bentuk CSR adalah perhatian terhadap lingkungan dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, mengelola limbah dengan baik, menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan dan sebagainya. Kegiatan atau program CSR lingkungan dapat menjadikan perusahaan memberikan nilai yang sesuai dengan nilai karyawan, sehingga memberikan identitas diri bagi karyawan yang dimunculkan dalam bentuk Komitmen Organisasional. Pendekatan Teori Pertukaran Sosial menunjukkan bahwa jika karyawan merasa senang bekerja di organisasi, maka perilaku sukarela akan muncul dalam variabel OCBE. Responden dalam penelitian adalah karyawan perusahaan manufaktur dan jasa berjumlah 127 karyawan. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi dan sobel test untuk menguji variabel mediasi. Berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa hipotesis yangvmenyatakan terdapat pengaruh CSR terhadap OCBE dan pengaruh Komitmen Organisasional terhadap OCBE diterima, namun hipotesis yang menyatakan bahwa varibel Komitmen Organisasional sebagai variabel intervening ditolak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: CSR, OCBE, Komitmen Organisasional, TIS,TPS
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Berta .
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:32
Last Modified: 29 Jan 2021 09:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item View Item