Inovasi Produk dan Orientasi Pasar: Suatu Kajian Deskriptif Pada UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam di Semarang, Jawa Tengah

Retnawati, Berta Bekti and IRMAWATI, BERNADETA (2020) Inovasi Produk dan Orientasi Pasar: Suatu Kajian Deskriptif Pada UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam di Semarang, Jawa Tengah. Inovasi Produk dan Orientasi Pasar: Suatu Kajian Deskriptif Pada UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam di Semarang, Jawa Tengah, 5 (1). pp. 90-96. ISSN 2508-0205

[img] Text
article.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Peer_Jurnal_ Inovasi Produk dan Orientasi Pasar (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
Inovasi porduk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
bukti korespondensi inovasi produk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article...

Abstract

Dalam fenomena bisnis, industri kreatif memiliki keunikan dimana sebagian besar ditopang oleh faktor sosial, budaya, kearifan lokal, kelestarian lingkungan, dan keunikan lainnya yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga industri ini. Kekuatan inovasi produk dan orientasi pasar menjadi modal besar bagi UMKM khususnya kategori kerajinan bahan baku alam dalam menghadapi dinamika perubahan dan persaingan. Bahan baku alam menjadi kekuatan utama diferensiasi hasil kerajinan ini, dibutuhkan kapabilitas inovasi produk yang bisa mengikuti perubahan pasar yang ada. Peneyempurnaan proses, desain baru, variasi dengan bahan baku lainnya, serta pengembangan varian produk menjadi fokus utama dalam inovasi produk. Orientasi pasar menjadi budaya organisasi yang paling efektif dalam menciptakan perilaku yang diperlukan untuk menciptakan nilai superior bagi konsumen untuk mengarah pada superioritas tinggi bagi UMKM. Industri kerajinan bahan baku alam memiliki potensi tinggi di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Semarang. Penelitian deskriptif ini adalah tahap awal dalam mengungkap tanggapan UMKM pada berbagai indikator dari semua variabel penelitian ini. Tidak semua indikator memberikan fakta positif dan sebaliknya memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi nyata yang dialami oleh UMKM kerajinan berbahan baku alam. Hasil riset awal ini diharapkan menjadi masukan yang berharga bagi berbagai pemangku kepentingan terkait dengan sektor industri ini. Beberapa kelemahan dari penelitian ini juga dibahas sebagai masukan untuk perbaikan penelitian berikutnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Orientasi Pasar
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Berta .
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:31
Last Modified: 24 May 2022 03:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item View Item